Resep Masakan Indonesia Sambal Terasi

Sebagai orang Indonesia tentunyaandaharusbangga dengan masakan Indonesia yang sangat kaya akan cita rasanya. Oleh karena itu banyak dari orang Indonesia selalu saja rindu dengan masakan Indonesia walau mereka tinggal di luar negeri. Salah satu yang khas dari masakan Indonesia adalah selalu sedia sambal di setiap makanan. Memang kebanyakan makanan Indonesia memiliki rasa yang pedas. Sambal adalah salah satu resep masakan Indonesia praktis yang wajib untuk diketahui dan dipelajari bagi anda yang menyukai masakan Indonesia.

sambal terasi lezat nan praktisSalah satu resep kuliner Indonesia atau sambal yang sangat terkenal di Indonesia dan banyak diminati oleh banyak orang adalah sambal terasi. Rasa dari sambal terasi sangat khasdanjugapastinyarasanyasangatpedas.Sambal terasi sangat enak sekali dimakan dengan nasisertaapapunlauknya. Bisa dengan tempe, tahu, ikan asindansayurasem. Beberapa orang yang susah makan juga saat makan dengan sambal terasi, selera makan menjadi bertambah.

Anda juga dapat memakan sayuran seperti salad dengan sambal terasi.Makanansepertiinitentunyalebihsehatdari pada makanan yang banyak mengandung minyak. Jika anda ingin membuat sambal terasi sendiri, cara membuatnya sangat mudah dan juga simpel. Berikutresep masakan Indonesia sambal terasi yang mudah dan simpel untuk dibuat sendiri oleh anda di rumah.

Siapkan Bahan
Untuk membuat sambal terasi, berikut beberapa bahan yang harus anda siapkan:

  1. 10 buah cabai merah
  2. 4 buah cabe rawit/ sesuai selera anda
  3. 1 buah tomat
  4. 1 sendok makan terasi yang disangrai atau bakar
  5. 1 sendok the garam
  6. Royco secukupnya
  7. 1 sendok makan gula jawa
  8. 6 buah jeruk limau yang diperas (ambil airnya)

Setelah semua bahan tersedia, berikut cara membuat sambal terasinya:

Jika anda punya ulekan yang terbuat dari batu, maka haluskan semua bahan dengan cara diuleg sampai halus. Lebih mantap lagi jika cabai merah dan cabe rawit nya dimasak terlebih dahulu lalu diuleg. Rasa pedasnya akan lebih keluar lagi. Setelah halus, maka anda dapat menyajikannya bersama dengan lauk pauk yang sudah dimasak.