Resep Pancake Rumahan Sederhana dan Mudah serta Enak

Membuat sebuah pancake dengan cita rasa yang menggugah selera tidaklah sulit; sangat mudah malah. Bagi Anda yang sedang mencari resep pancake mudah, Anda sudah sampai ke halaman yang tepat. Yang diperlukan selain bahan dan peralatan masak adalah kesabaran dan tekad kuat untuk membuat pancake sederhana namun tetap lezat.

Mengapa pancake digemari? Karena jenis hidangan ini sangat tepat menemani Anda dan keluarga ketika sedang bersantai dan beristirahat. Akan lebih terasa kelezatannya ketika dikonsumsi saat sedang hangat di waktu pagi. Membayangkannya saja sudah membuat lapar. So, seperti apa cara membuat kue yang bernama pancake ini? Berikut bahan dan cara membuat pancake.

Bahan-bahan

  • Tepung terigu 100 gram
  • Susu cair 250 mililiter
  • Telur 1 buah (putih telur dan kuningnya dipisahkan)
  • Garam seperlunya
  • Blueband serbaguna untuk olesan
  • Untuk topping bisa menggunakan Sirup Maple atau madu atau bisa juga es krim.

Membuat Pancake Mudah dan Enak

Cara Mengolah

  1. Semua bahan kecuali putih telur dicampur dan diaduk rata dengan mixer dengan setting kecepatan low (paling rendah). Jika tidak ada mixer, bisa menggunakan ballon whisk atau spatula berbahan kayu.
  2. Kocok putih telur yang telah dipisahkan sebelumnya hingga tampak beku/kaku dengan ballon whisk atau garpu.
  3. Campurkan adonan yang terbentuk pada langkah nomor 1 dengan nomor 2. Kemudian aduk secara merata. Teknik mencampur yang baik adalah dengan memasukkan sedikit putih telur ke adonan nomor 1, aduk, masukkan kembali putih telur, aduk lagi dan seterusnya hingga putih telur habis dan teraduk rata. Teknik ini untuk meminimalisir putih telur menggumpal sehingga berakhibat adonan tidak tercampur secara homogen.
  4. Langkah selanjutnya adalah memanaskan teflon dengan diameter yang tidak lebih besar ketika membuat telur mata sapi (ceplok). Kecilkan apinya, kemudian oleskan dengan blueband serbaguna. Ukuran teflon standar juga bisa digunakan. Yang penting jangan teflon yang berukuran paling besar.
  5. Masukkan adonan dengan cara menuangnya dengan sendok sayur lalu tutup teflonnya.
  6. Jika pori-pori sudah terlihat dan bagian pinggir sudah mengeras, adonan bisa di balik.
  7. Jika sudah matang, sajikan di atas piring, kemudian berikan topping sesuai dengan selera.

Bagaimana? Mudah bukan? Silakan langsung dipraktekkan. Jika sudah jadi, silakan pancake-nya dikirim ke email saya yang ada di halaman kontak #eh 😆 Bagi Anda yang seorang isteri dan belum pernah mencoba membuat, selamat mencoba dan kejutkan suami dan anak-anak Anda untuk menyantap pancake pertama buatan dari dapur Anda sendiri 😉

Post Comment

CommentLuv badge