Resep Sayur Asem dengan Bahan Buah Nangka

Pasti banyak yang berpikir jika buah nangka muda hanya bisa dimasak dengan kuah santan. Padahal resep sayur asem dengan nangka tidak kalah nikmatnya lho! Tapi memang bumbu yang digunakan tidak seperti sayur asem biasa anda ketahui. Perlu ditambahkan kaldu daging juga agar membuat rasanya nikmat dan lezat. Selain itu banyak yang menyarankan untuk menggunakan gula kelapa untuk menambahkan unsur gurih pada sayur.

sayur asem aneka rasaSelain buah nangka, bahan yang biasa dicampurkan dalam sayuran adalah kacang panjang dan juga jagung manis. Bagi anda yang tidak memiliki keluhan kolesterol maupun asam urat tinggi, daun dari buah belinjo akan menambah kelezatannya. Adapun cara membuat sayur asem buah nangka juga tidak rumit, yaitu:

  1. Setelah semua bahan siap dan daging telah direbus sempurna, maka tinggal masak sayur bersama bumbu-bumbu yang telah dihaluskan,
  2. Bumbu halus ini terdiri dari kemiri, terasi, bawang merah, bawang putih,
  3. Biasanya ada yang menggunakan tomat hijau atau belimbing sayur untuk memberikan efek segar dan asam, namun menggunakan asam jawa pun juga tidak masalah bagi anda yang suka.

Biasanya cita rasa yang dihadirkan selain gurih, juga ada tambahan rasa pedas. Jadi bercampur antara gurih, manis, dan juga sedikit pedas. Untuk rasa pedasnya, gunakan saja cabe hijau dengan cara memotong-motong buahnya selebar 1 cm-an. Jadi, mudah bukan memasak resep sayur asem dengan buah nangka? Ayo tunggu apa lagi, segera ke pasar esok hari!