Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Self Hosted WordPress

Tentunya bagi kawan-kawan yang nge-blog dengan WordPress tahu bahwa WordPress (WP) memiliki 2 Versi dalam hal installasi, yaitu:

1. Blog WordPress pada WordPress.com – silakan lihat blog Saya yang ada di WordPress.com, http://71mm0.wordpress.com (selanjutnya akan Saya sebut sebagai WP.com)

2. Blog WordPress yang diinstall Sendiri (Self Hosted) – silakan lihat perbedaan dengan blog Saya yang diinstall sendiri (self hosted), http://www.ahyari.net dan http://blogkita.info (selanjutnya akan Saya sebut sebagai WP.org)

Meski sama-sama “ber-mesin” WordPress, namun terdapat perbedaan besar dalam hal “kebebasan” berkreasi dengan tampilan, fungsi, themes dan plugins serta “biaya”. Apa perbedaan antara keduanya?

Baik, untuk lebih jelas, silakan lihat keterangan berikut:

1. Blog pada WP.com TIDAK bisa ditambahkan themes baru, WP.org BISA (padahal terdapat RIBUAN themes untuk WP yang bisa didownload GRATIS)

2. Blog pada WP.com TIDAK bisa ditambahkan Plugins, WP.org BISA (Plugins seperti layaknya sebuah aplikasi tambahan yang bisa kita aktifkan atau non-aktifkan, sehingga membuat WP.org lebih KAYA fitur dan fungsi disbanding WP.com)

3. Blog pada WP.com TIDAK bisa dipasang JavaScript, WP.org BISA (JavaScript biasanya digunakan oleh para penyedia layanan iklan, sehingga blogger bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut seperti google adsense, chitika, adbrite dll dan hanya WP.org yang bisa karena mendukung JavaScript, sedangkan WP.com tidak bisa)

4. Blog pada WP.com, para penggunanya TIDAK diizinkan untuk me-monetize (memperoleh penghasilan dari segala macam bentuk “Make Money Online”), WP.org BISA. Jika Ketahuan, blog Anda pada WP.com akan dibanned / diblokir!

5. dll…… (ada yang ingin menambahkan? 😉 )

Nah, meskipun WP.org lebih unggul dalam hal costumize (apapun yang “terlihat” dapat kita ubah sekehendak hati) dan SEJUTA kebebasan lainnya yang tidak dapat ditemukan jika kita nge-blog melalui WP.com, mengapa “orang-orang” enggan memilih WP.org?

Berikut hal-hal yang diperlukan (dan terkadang membuat “sebagian” orang enggan 😛 ) dalam membuat blog dengan WP.org:

1. Wajib memiliki (beli) domain sendiri (*.com *.info *.net *.org *.us *.uk dll). Harga Satu buah domain berkisar antara $5-$10 yang berlaku untuk 1 tahun.

2. Wajib memiliki (menyewa) webhosting (webhosting layaknya sebuah harddisk tempat kita menyimpan data di dunia maya). Webhosting ini ada yang disewa perbulan dengan harga $4-$100lebih dan ada yang pertahun langsung (lebih irit jika bayar langsung 1 tahun).

3. Karena di hosting sendiri, sehingga dari proses upload file ke hosting/server, installasi, perawatan (backup data secara berkala) sampai ke perbaikan dilakukan sendiri oleh sang empunya blog.

4. dll…… (ada lagi yang ingin menambahkan ? :study: )

Setelah Anda membaca 3 Point diatas, apa yang Anda pikirkan? Mungkin Anda akan berpikir “Pantas saja orang-orang pada enggan, habisnya biaya yang dikeluarkan serta ke-ribet-an-nya. Mending WP.com aja deh, tinggal registrasi, beres deh, paling-paling duit yang keluar cumin buat biaya internet”

Jika demikian, Saya acung jempol untuk Anda 😎 atas sifat kritis dan mengemukakan pendapat Anda..

BTW, Anda sudah melihat perbedaan WP.com dan WP.org yang Saya sebut di awal tulisan ini? Apa yang dapat Anda simpulkan?

Mungkin Anda akan menyimpulkan:

1. www.ahyari.net dan blogkita.info punya icon smiley yang lucu sedang 71mm0.wordpress.com tampil standard an apa adanya

2. www.ahyari.net dan blogkita.info punya tampilan unik dan berbeda sedang 71mm0.wordpress.com tampil seperti kebanyakan orang

3. Oh iya, www.ahyari.net dan blogkita.info punya alamat (URL) yang pendek sehingga mudah diingat dan diucapkan sedang 71mm0.wordpress.com, duh capek ngomongnya 😛

4. dll…… (lagi-lagi.. Ada yang ingin menambahkan lagi? 🙂 )

Sesuai dengan tagline www.ahyari.net “Belajar Blog, WordPress, bbPress, Referensi Themes, Plugins, Tips-Trik, dan Informasi relevan lain..”, maka Saya ingin memberikan solusi bagi Anda yang ingin memiliki Blog bermesin WordPress dengan Domain dan Hosting Gratis! Benar! Benar-benar gratis (Biaya internet tidak termasuk lho! Entar dikira Saya yang bayarin).

Dengan “metode” ini, Anda dapat memiliki WordPress dengan Domain Gratis dan Hosting yang Gratis pula.

Buruan! Silakan menuju ke freeblog

See U in Next Page :bye:

4 Comments
  1. supremasi says

    sharing aja, aku baru dapet blog wp gratis yg lumayan ok

    nilai plus:
    – bisa javascript =P~ , jadi kita bisa pasang iklan disana spt adsense, kumpulblogger dll
    – space 1Gb
    – ada community-nya, kayaknya namanya buddypress
    – ada plugin feedwordpress, mantap ini, tapi kayaknya kalo mau pake harus bayar, jadi member yg gratisan gak bisa pake plugin ini. aku bisa pake setelah ngerayu-ngrayu adminnya (temen sendiri) he..he..he…

    minus:
    – sedikit template dan pluginnya nya.
    – ada iklannya dibawah/diatas blog kita

    kayaknya masih baru, dan dibuat oleh personal bukan perusahaan, aku aja taunya diberitau temen.

    alamatnya : http://1dunia.com/
    .-= supremasi´s last blog ..Special Offer – 20% Discount Off Three Services To Help Boost Your Online Business =-.

  2. muflikhun says

    nice………………….. ^_^b

  3. Rohim says

    betul skali mas, tp saya sampai saat ini mash belum "mampu" membeli domain dan hosting, makanya saya masih menggunakan jasa domain dan hosting yang gratisan aja. yah lumayanlah untuk belajar doankmah…mungkin nanti kalo sudah saatnya saya juga ingin serius dan membeli domain dan hosting untuk ngeblognya.

    Eh..lupa, salam kenal mas sebelumnya. saya rohim (hxxp://www.rohim.tk/) ini kunjunganqu yg pertama x nya.

  4. ibnea says

    saya juga pakai wordpress org.
    wordpress org memang yang paling mantap gan buat blog kita.

Comments are closed.