Teknik Dasar Bola Basket Pivot

Tahukah Anda bahwa di dalam permainan bola basket itu ada namanya teknik pivot. Jika anda masih dikatakan pemula kemungkinan Anda bakal dan bahkan belum pernah mendengar teknik pivot dalam olahraga basket.

Teknik Dasar Bola Basket Pivot

Salah satu teknik dasar bola basket ini tentu tidak boleh luput Anda kuasai ialah pivot. Sebenarnya apa pivot ini? Pivot sendiri ialah gerakan berputar dengan menggunakan poros salah satu kaki. Posisi saat melakukan pivot, kedua tangan memegang bola untuk menghindari sergapan yang dilakukan oleh lawan yang nantinya akan merebut bola. Pivot bisa dilakukan dengan 2 cara yakni melakukan putaran ke arah depan, serta putaran ke arah belakang.

Apakah yang dimaksud dengan teknik dasar bola basket pivot?

Gerakan ini merupakan teknik dasar bermain basket dengan posisi bola yang masih berada di tangan dengan menggunakan serangkaian gerakan badan. Putaran kaki atau badan saat melakukan pivot ini bisa mencapai 360 derajat, selama tidak bergeser antara kaki satu dengan kaki yang lainnya dikarenakan satu kaki dipergunakan untuk poros atau tumpuan, bila kedua kaki bergerak akan disebut sebagai pelanggaran.

Pivot ini menggunakan teknik berputar dengan memutar badan menggunakan satu kaki atau poros putaran. Terbagi atas pivot dribble (pemain membawa bola setelah ia melakukan pivot), kemudian pivot passing (pemain melemparkan bola setelah melakukan pivot), terakhir pivot shooting (pemain akan menembakkan bola setelah ia melakukan pivot). Saat melakukan pivot, Anda pasti sering mendengar gerakan kaki atau olah kaki. Olah atau gerakan kaki ini ialah ketrampilan menguasai gerakan kaki sehingga ia bisa melakukan start dengan lebih cepat serta berhenti dengan segera, namun tidak kehilangan keseimbangan. Kedua dengan mengubah arah gerak. Entah pertahanan ataupun di dalam penyerangan yang ia lakukan.

Pivot bisa berbentuk front turn dan reverse turn. Berputar sendiri ialah menggunakan sebuah kaku untuk basis gerakan serta Anda di bebaskan mengubah arah atau menembak sepanjang poros kaki agar tidak bergerak. Dengan kata lain Anda dibebaskan memilih kaki yang bisa Anda gunakan sebagai pivot. Lantas bagaimana melakukan putaran? Sebuah kaki yang bertindak sebagai poros akan mentransfer berat badan di atasnya, Anda bisa memindahkan kaki lain di sepanjang poros kaki. Belajar teknik dasar bola basket memang tidak semudah teori. Namun dengan latihan yang teratur, Anda bisa menguasai pivot dengan cepat.

Post Comment

CommentLuv badge