Tepis Kesenjangan, Konsula Hadir dengan Pelayanan Kesehatan Online

Kesulitan yang sering dialami masyarakat khususnya di Indonesia dalam memperoleh pelayanan di bidang kesehatan membuat 3 orang lulusan Michigan dan Harvard yaitu Ronald Wijaya, Johannes Ardiant serta Shinta Nurfauzia -sebagai CEO Konsula- membuat sebuah startup dengan basis aplikasi mobile dan web beralamatkan di Konsula.com.

Startup merupakan usaha dengan memanfaatkan teknologi. Ketiganya berniat untuk memberikan solusi atas kesenjangan di sektor kesehatan, utamanya dalam bidang pelayanan di Indonesia. Para pemuda dan pemudi yang mencintai tanah air ini melihat cukup banyak kesulitan ketika masyarakat ingin memperoleh pelayanan di lini kesehatan. Padahal, jumlah dokter yang ada di Indonesia mencapai lebih dari 150 ribu orang.

Akhirnya, mereka bertiga melakukan penelitian atas kesenjangan yang ada kemudian menyimpulkan dua solusi untuk mengatasinya. Solusi yang pertama adalah membuat direktori yang berisi daftar dokter secara online sehingga calon pasien (user) bisa menemukan dokter dengan spesifikasi terbaik dan sesuai dengan keadaan mereka (lokasi, biaya, spesialisasi dll) untuk selanjutnya bisa melakukan janji atau reservasi secara online melalui aplikasi di smartphone atau website Konsula.

Solusi yang kedua adalah membuat platform yang bisa diakses di mana saja selama memiliki terhubung ke jaringan internet. Platform ini nantinya akan mempermudah faskes (fasilitas kesehatan) seperti puskesmas atau klinik serta dokter yang berpraktek untuk me-manage layanan praktek kesehatan secara sistematis lengkap dengan menyertakan rentang biaya yang diperlukan.

Smart Directory dari Konsula memang dibangun sebagai jembatan penghubung antara dokter dengan pengguna (calon pasien). Calon pasien akan diuntungkan karena bisa memilih dokter mana yang paling sesuai dengan kriteria pilihannya karena di direktori yang ada di Konsula, pasien bisa menggunakan filter-filter dalam melakukan pencarian. Misalnya ada seorang ibu hamil yang ingin berdomisili di Jakarta, cukup mengetikkan dokter kandungan Jakarta dan hasil pencarian pun bisa terlihat. Hasil pencarian pun masih bisa di”utak-atik” dengan menyesuaikan jadwal, biaya dan lain-lain.

Daftar Dokter Spesialis Kebidanan Dan Kandungan di Jakarta

Dengan Konsula, selain untuk mencari dokter yang sesuai dengan keperluan, setelah menemukan yang cocok, calon pasien juga bisa langsung membuat appointment (janji) untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. Bagi pemilik sarana faskes serta dokter, Konsula memberikan perangkat lunak untuk membantu pengelolaan praktek mereka secara online sehingga janji yang dibuat calon pasien terdata secara digital dan bisa diatur dengan mudah. Bagi anda yang ingin memperoleh berbagai tips untuk kesehatan sehari-hari juga bisa mengakses blog Konsula dengan alamat blog.konsula.com.

Post Comment

CommentLuv badge