Tips dalam Memilih Produk Bayi yang Tepat dan Aman

Sebagai seorang ayah yang telah memiliki dua orang anak dan insyaAllah akhir tahun nanti akan lahir kembali anak yang ketiga, memilih produk bayi mulai dari sabun, shampoo, pelembab, bedak bayi hingga pasta gigi sudah tentu harus selektif. Maklum saja, selain latar belakang kami yang sama-sama apoteker, juga karena kulit bayi sangat sensitif sehingga wajib ekstra teliti dalam memilih produk yang aman.

Kami memiliki pedoman bahwa produk yang bagus dan aman tidak harus berupa merek atau harga yang mahal. Kami biasanya memilih berdasarkan bahan komposisi pembuatannya. Isteri saya selalu yang paling cerewet tentang kandungan ini. Maklum, sehari-harinya bekerja di bidang pengawasan obat dan makanan termasuk kosmetik. Silakan simak, apa saja pertimbangan kami dalam memilih produk bayi:

Memilih Produk Bayi yang Aman

Sabun
Kami selalu memilih sabun dengan tipe cair dibanding berbentuk batang. Sederhana dan tidak repot. Cari sabun cair yang tidak mengandung pewarna ataupun pewangi sintetis (buatan). Dua hal ini bisa membuat resiko alergi si kecil meningkat jika terdapat dalam sabun cair. Hindari juga yang mengandung triclosan atau anti bakteri. Kulit bayi yang baru lahir bisa teriritasi.

Shampoo
Yang namanya bayi, “kerjaannya” biasanya hanya tidur, menyusu, buang air, bangun sebentar, tidur lagi. Sehingga, perlakuannya berbeda dengan orang-orang dewasa. Maka dari itu, rambut bayi tidak perlu dicuci setiap hari. Karena untuk bayi, sehingga pilihlah shampoo yang tidak membuat mata pedih. Shampoo yang mengandung pelembab alami juga boleh dimasukkan ke kriteria pemilihan.

Pelembab
Pelembab ini mencakup baby oil, lotion, diaper cream dan lain-lain. Pemakaian pelembab hanya seperlunya saja. Jika berlebihan, malah ada kemungkinan biang keringat yang muncul. Gunakan setelah selesai si kecil mandi. Pada anak kedua, kulitnya lebih sensitif sehingga mengakibatkan ruam di bagian lipatan paha, akhirnya kami menggunakan Baby Cream dengan kandungan Zinc.

Pasta Gigi
Pasta gigi untuk anak yang memiliki usia 2 tahun ke bawah hanya memerlukan kandungan fluoride yang sedikit karena anak umur segini belum begitu mengerti berkumur dan membuangnya dengan bersih.

Bedak Bayi
Memilih bedak bayi yang aman bagi kami tidak hanya berdasarkan kandungan, juga perlakuan kepada si anak seperti berhati-hati agar bedak bayi tidak terhirup oleh si kecil, tidak membedaki daerah selangkangan dan jika ada indikasi biang keringat, bisa memilih produk yang mengandung Zinc.

Anda punya pengalaman dalam memilih produk untuk si kecil? Boleh dong berbagi di kolom komentar 😉

Post Comment

CommentLuv badge