Tips Finansial untuk Mendapatkan Mobil Bekas Berkualitas

Pangsa pasar bagi mobil bekas kian bersinar selama beberapa tahun terakhir. Hal ini juga tercermin dari maraknya marketplace yang memfasilitasi proses jual beli mobil bekas. Seperti Mobil123.com yang senantiasa berkomitmen untuk menjembatani hubungan antara pihak penjual dan pembeli mobil baru dan bekas secara efektif.

Dalam acara press conference Mobil123 dengan tema “tips mencari mobil idaman” yang diselenggarakan tanggal 29 Maret 2016 lalu, banyak sekali informasi baru tentang cara mendapatkan mobil bekas berkualitas. Misalnya ketika berencana membeli mobil bekas, persiapan finansial yang memadai akan menjadi salah satu faktor penentunya.

Beberapa tips lainnya berikut ini akan membantu Anda dapat memiliki mobil bekas yang berkualitas.

Menentukan Jenis Mobil

Setiap jenis mobil tentu memiliki rentang harga yang berbeda-beda. Jenis mobil bekas berukuran kecil biasanya lebih murah daripada mobil besar untuk keluarga. Sementara jenis mobil sedan juga dibanderol dengan harga yang variatif. Menentukan jenis mobil bekas yang diinginkan berarti bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil tersebut.

Cari Mobil Bekas dan Baru

Pilih Beli Kredit atau Tunai?

Memilih untuk beli mobil bekas secara kredit atau tunai bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Walaupun ingin membeli secara kredit, persiapan uang muka (DP) harus memadai agar proses jual beli berlangsung lancar. membeli secara kredit membuat orang patut memilih perusahaan penyedia jasa kredit secara teliti. Agar proses angsuran tidak membebani kondisi finansial secara keseluruhan. Selain itu, sebaiknya besar angsuran kredit mobil tidak melebihi 30% pendapatan total per bulan. Bahkan jauh lebih baik lagi jika melakukan kredit mobil ketika tidak memiliki kewajiban pelunasan kredit lainnya. Hal ini membuat angsuran kredit mobil bekas tidak membebani kondisi finansial keluarga.

Umur Mobil Juga Patut Jadi Pertimbangan

Semakin tua umur mobil biasanya akan semakin murah pula harganya. Tetapi, ada konsekuensi yang harus diterima misalnya spare part yang sulit didapat atau kondisi mobil yang mudah rusak karena terlalu tua. Menentukan umur mobil rupanya juga berkaitan dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan pasca pembelian mobil bekas.

Jangan Lupa Menyiapkan Biaya Perawatan Mobil

Hal inilah yang membedakan mobil baru dengan mobil bekas. Membeli mobil baru berarti tidak perlu menyiapkan terlalu banyak biaya perawatan mobil. Pihak produsen mobil biasanya masih menyiapkan fasilitas servis gratis untuk mobil baru dengan beberapa syarat dan ketentuan. Sedangkan, mobil bekas membutuhkan perawatan yang lebih intensif agar performanya tetap prima. Tak jarang mobil bekas harus turun mesin, melakukan pengecekan keseluruhan atau jenis perawatan lainnya. Sehingga persiapan biaya perawatan mobil sangat penting ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Setelah mendapat banyak ilmu dari press conference Mobil123, tentu semakin banyak orang yang tertarik membeli mobil bekas. Asalkan bisa memilih mobil secara teliti dan tepat guna, mobil bekas tentu akan jadi solusi bagi kebutuhan keluarga di masa kini dan masa depan.

2 komentar pada “Tips Finansial untuk Mendapatkan Mobil Bekas Berkualitas


  1. Kalau pandai memilih, beli mobil bekas bisa jadi berkah. Tapi, nilai ekonomis sering berbanding lurus dengan nilai teknis. Ada harga, ada rupa. Sedikit sekali kita temui, ada mobil bekas harganya bagus (murah) dengan kualitas yang juga bagus (tahun muda, mesin terawat).
    Yuk, lihat tulisan Hendra Madjid di Properti grow UP!My Profile

    Reply

Post Comment

CommentLuv badge