5 Hal yang Wajib diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas

Akibat terbatasnya dana, mempunyai sebuah mobil kadang memerlukan banyak perhitungan serta pertimbangan yang matang hingga akhirnya memutuskan untuk beli mobil bekas pun menjadi opsi yang paling menguntungkan. Namun, tidak sedikit juga mereka yang membeli mobil second mendapati kesalahan yang seharusnya bisa dihindari saat memilih mobil bekas.

Kesalahan di awal ini akan berbuntut panjang, mulai saat uang yang dikeluarkan untuk membeli hingga biaya pergantian suku cadang dan perbaikannya. Untuk itu, supaya hal tersebut tidak menimpa Anda yang ingin membeli mobil bekas, ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini.

cara membeli mobil bekas

1# Riwayat Mobil
Mobil yang ingin dibeli, apakah dari showroom/dealer? atau dari si pemilik pertama mobil? Apakah bekas tabrakan? Terendam lumpur banjir? Bekas sewaan atau dari tarikan leasing?

2# Bawa Mekanik
Jika Anda tidak begitu mengerti tentang mesin sebuah mobil, sebaiknya ketika ingin melihat mobil bekas mengajak teman atau mekanik yang bisa Anda percaya. Mereka yang kita ajak menemani bisa melihat lebih dalam mesin beserta komponennya; Asli atau palsu; rusak atau masih optimal dan lain-lain

3# Periksa Catatan Perawatan
Selain tampilan fisik, minta juga apakah ada catatan perawatan (service record) karena dari data ini kita bisa dilihat mobil tersebut terawat atau tidak. Buku service ketika mobil masih bergaransi dan sesudahnya bisa juga diminta untuk diperiksa. Kelengkapan surat legal dan dokumennya juga perlu dicek.

4# Test Drive atau Uji coba dengan Lengkap
Silakan uji coba, mulai dari start awal, jalan, belok, belok putaran penuh, tanjakan, pengereman, turunan, rem tangan, perpindahan transmisi, pedal gas, shock breaker, dan lainnya. Pastikan tidak ada bunyi yang tidak normal ketika dites. Ingat, jika menguji, jangan hanya beberapa ratus meter. Jalankan juga di jalan yang berbatu/tidak datar/tidak mulus untuk melihat handling-nya.

5# Lakukan Perbandingan

Dunia internet sudah merubah paradigma tentang tatacara orang-orang mencari mobil bekas. Jadi, lakukan perbandingan mulai dari harga, tahun pembuatan, jenis mobil dan lain sebagainya.

Yang perlu diingat adalah ada perbedaan harga yang cukup mencolok jika membeli dari agen dealer mobil bekas dari pada membeli dari tangan pertama si pemilik mobil secara langsung. Maklum saja, agen dealer penjualan kan ingin mendapatkan selisih harga agar bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang menjual.

Selamat berburu mobil bekas idaman Anda. Semoga mobilnya nanti menjadi berkah dan bermanfaat.

Post Comment

CommentLuv badge