Tips Membersihkan Popok Bayi

Salah satu perlengkapan bayi yang pasti dan wajib dimiliki adalah popok bayi. Bayi memang belum memungkinkan menggunakan celana, sehingga mereka pasti menggunakan popok. Ada beberapa jenis popok, salah satunya adalah popok kain. Popok kain ini umumnya terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap air dan tidak panas ketika dipakai. Popok ini berbentuk persegi panjang dengan tali di kedua sisi sebagai pengait di pinggang bayi agar tidak mudah lepas.

membersihkan popok bayi

Popok untuk bayi dengan bahan kain sebaiknya mendapatkan perhatian khusus dalam perawatan dan penggunaannya. Berikut adalah tips merawat dan menggunakan popok kain:

Popok sebaiknya dicuci dengan menggunakan deterjen khusus, dan untuk mengeringkannya menggunakan cahaya matahari sampai benar-benat kering.
Gunakan air dan juga ember yang bersih saat mencuci agar tidak menumpuk bakteri sehingga dapat menyebabkan alergi pada kulit bayi.
Jika popok dalam kondisi sangat kotor, bersihkan dulu dengan air mengalir lalu rendam dengan air hangat.

Beberapa tips di atas akan sangat membantu ibu dalam membersihkan popok. Popok yang tidak dicuci dengan benar dapat menimbulkan ruam dan alergi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Untuk itu ibu harus benar-benar memperhatikan kebersihan popok tersebut. Sebaiknya apabila sedang bepergian jauh, ibu bisa menggunakan popok sekali pakai yang lebih praktis. Selain itu juga ibu tidak perlu terlalu sering mengganti popok bayi.

2 komentar pada “Tips Membersihkan Popok Bayi

Post Comment

CommentLuv badge