Tips Membina Keluarga Sakinah Penuh Dengan Kebahagiaan

Setiap keluarga pastinya memiliki keinginan dan harapan untuk menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Namun dalam merealisasikan pengertian keluarga sakinah bukanlah hal sepele. Perjuangan serta pengorbanan mesti dilakukan untuk mewujudkannya. Karena itulah, setiap manusia wajib memperbaiki diri dan keluarganya agar selalu tercipta dan terbina hubungan keluarga yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Proses untuk menciptakan ketentraman dan keharmonisan keluarga harus didasari dengan komunikasi yang baik sesama pasangan tersebut. Dengan begitu, maka segala hal yang menyangkut keluarga akan terbuka dan mudah untuk diselesaikan dengan baik.

Kunci Membangun Keluarga Sakinah

Selain itu, jika anda yang sekarang ini baru berkeluarga atau ingin mengharapkan pengertian keluarga sakinah berada pada keluarga anda, maka berikut cara yang dapat ditempuh yaitu:

  1. Memilih pasangan sesuai kriteria
    Untuk membangun keluarga yang sakinah, maka sebelum anda menikah sebiknya memilih dengan benar pasangan anda. Jangan sampai anda menyesal ketika telah menikah dengannya. Memilih sesuai kriteria memang tidak gampang, tapi hal tersebut haruslah dilakukan supaya anda tepat dalam memilih dan anda sayangi sepenuh hati.
  1. Adanya rasa cinta dan sayang
    Setelah anda memilih kriteria sesuai yang anda harapkan, maka harus ada rasa cinta yang saling mengisi di dalam hati masing-masing. Jangan sampai cinta bertepuk sebelah tangan, karena akan menyebabka hal yang tidak diinginkan. Jika kedua pasangan sudah saling mencintai dan menyayangi, maka segala rintangan apapun akan mudah untuk dilalui karena adanya cinta dan kebersamaan.
  1. Saling menutupi kekurangan
    Jika memikirkan kelebihan, setiap orang pasti akan menerimanya. Namun jika sudah ditanya tentang kekurangan, tidak semua orang dapat menerimanya. Padahal setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun untuk menjadikan keluarga yang sakinah maka anda harus dapat menerima kekurangan pasangan anda. Saling menutupi kekurangan masing-masing akan menjadikan keluarga anda tentram dan saling mengerti satu sama lain.
  1. Berusaha untuk menciptakan kehangatan keluarga
    Dengan berkumpul bersama keluarga dan menyantap makanan serta teh hangat, maka suasana indah dan hangat di dalam keluarga akan selalu terbina. Hal ini mudah tapi sulit untuk dilaksanakan. Karena itu, sebaiknya anda selalu membiasakan berkumpul bersama di dalam kesibukan aktivitas anda sehari-hari.

Post Comment

CommentLuv badge