Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Memilih Nama DOMAIN

Domain? Apaan tuh? Jika di dunia Offline (nyata maksudnya) Domain ini mungkin seperti Brand dari suatu perusahaan. Ada Coca-Cola dll. Nah untuk dunia Online. nama-nama domain yang sering Anda jumpai ada yang terdiri dari dua kata, digabung atau dipisah, ada juga yang terdiri dari satu kata, ada pula yang terdiri dari dua atau tiga kata namun digabung, ada pula yang menggunakan nama perusahaan mereka sebagai nama domain atau produk mereka sebagai nama domain bahkan nama yang punya site/blog itu sendiri yang dijadikan nama domainnya (www.ahyari.net..hehe.. 😛 😀 )

Sebelum perusahaan atau bisnis atau bahkan “proyek ujicoba” membuat Blog Anda, maka apa saja yang yang harus diingat dan dilakukan sebelum menamakan domain situs Anda? (seperti memberi nama pada anak, tentu banyak pertimbangan bukan? Kaya yang nulis punya anak aja..hehe).

Ingat menamakan situs web/blog atau apapun namanya tidak bisa sembarangan, karena ini juga salah satu faktor yang dapat meningkatkan “traffic” ke situs web/blog Anda.

Saya akan coba uraikan 5 hal penting menurut pengamatan saya (boleh ditambah koq pendapat Anda untuk saling berbagi pada bagian comments) beserta contoh kasus-nya (saya lupa dimana pernah membaca contoh kasus ini, di majalah atau diinternet, maaf ya buat yang menemukan kasus yang nanti akan saya sebutkan ini 😀 ), yaitu:

  1. Short (Singkat)

Nama domain yang baik hendaknya singkat, semakin singkat semakin baik (emangnya rok cewe jika semakin short maka semakin baik..hehe..becanda Sis..jangan marah 😀 ). Tua atau muda dapat mengingatnya serta hafal dengan mudah (banyak kasus ebusiness memperlihatkan bahwa nama domain yang singkat juga dapat memberi kontribusi penjualan dan promosi hingga berlipat ganda). Kasus yang menarik dalam hal ini perusahaan Art-U-Frame.com berani membeli domain art.com yang sudah dimiliki oleh perusahaan lain dengan harga $450.000 USD.

Begitu juga kasus situs pencari altavista.com sebelum diakuisisi oleh Compaq, situs pencari ini bernama altavista.digital.com. Kemudian Compaq membeli domain altavista.com seharga $3.000.000 USD dari pemilik domain tersebut. Kenapa berani membeli domain walaupun dengan harga mahal? TENTU saja karena mudah diingat dan dihafal.

  1. Easy Remember (Mudah Diingat)

But, Dont forget, bahwa tidak semua nama domain atau url yang singkat itu mudah diingat! Contohnya ada perusahaan yang bernama Boyle Sierra Carpeting Sales dan mereka memberi nama domain mereka dengan BSCS.COM. Mudahkah diingat? Walaupun singkat namun yang mengenal domain tersebut hanya para Costumer atau orang dalam saja!

Terdapat pengecualian disini jika perusahaan Anda sudah go international seperti IBM. Walaupun domainnya adalah IBM.COM, maka tidak menjadi masalah walapun bukan orang dalam atau Costumer IBM, mereka sudah tahu dan mudah untuk mengingat domain tersebut karena IBM sudah terkenal.

Jadi untuk kasus perusahaan bernama Boyle Sierra Carpeting Sales maka lebih cocok adalah boylescarpet.com karena mudah diingat dan memiliki bunyi yang bermakna serta Lebih menggambarkan bidang yang digeluti Perusahaan tersebut.

nama yang memiliki pelafalan bunyi suku kata atau memiliki ritme bunyi dan apabila singkat maka akan sangat mudah diingat” (Dr. Michel Fortin). Contohnya adalah seperti intel.com atau astaga.com. Anda lihat di situ terdapat pelafalan yang mengandung satu atau dua suku kata, tidak seperti halnya dengan nama domain lain seperti mtczh.com atau schiz.com yang tidak memiliki ritme suku kata yang terdengar enak di telinga ataupun mudah untuk dieja

  1. Related and Connected

Tentukan terlebih dahulu, mana yang lebih terkenal oleh pasar, produk (contoh: Aqua.com) atau nama perusahaannya (intel.com)? Misalnya seperti Bank Internasional Indonesia dengan nama domainnya bii.co.id, disingkat namun semua orang sudah tahu bahwa itu adalah nama domain dari Bank BII bukan Barang Import Indonesia..he… Memang idealnya adalah nama perusahaan identik dengan nama produknya (tapi puyeng nih memikirkan contohnya 😀 ). Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah “Apakah pasarnya Indonesia atau seluruh dunia?”

  1. Easy To Spell (Mudah dieja)

Tidak semua orang mudah mengeja nama domain yang dieja secara lisan apalagi kalau Anda baru pertama kali mendengar nama domain tersebut. Contohnya jika nama domainnya adalah programbusiness.com. Kalau dilihat ini memang memenuhi criteria nomor dua dan ketiga juga terdengar logis, namun apakah ini mudah dieja? Cukup sulit bukan? Apakah satu ‘m’ –nya atau dobel? atau ‘s’ diawal yang dobel atau diakhir?. Sehingga akan membingungkan calon pengunjung situs/blog Anda.

Sehingga, setiap kali Anda memberitahu ke calon costumer Anda atau siapa pun, Anda harus mengulang berkali-kali mengeja nama domain Anda. Sangat tidak strategis untuk promosi (perlu dipecat tuh orang-orang dibidang Research and Development 😀 ).

  1. Buy More Domain with Similiar Word (Beli beberapa nama domain)

Jika terlanjur terjadi dari No.1-4, untuk mengatasinya gunakan lebih dari satu nama domain yang merujuk ke situs yang sama, Hal ini untuk memudahkan costumer menemukan Bisnis Anda di antara Jutaan web/blog. Misalnya nama domain ebussiness.com merujuk (redirect) ke situs ebusiness.com. Jika cakupan pasar Anda adalah seluruh dunia buat situs web/blog yang terdiri dari beberapa bahasa dan disesuaikan dengan nama TLD (Top Level Domain) dari negara tersebut seperti misalnya .com (untuk costumer berbahasa inggris); .co.id (untuk negara Indonesia tercinta), dan seterusnya.

Harga domain sekarang tidaklah mahal bila dibandingkan nilai potensi pemasaran dan promosi bagi perusahaan. Maka tips-tips di atas boleh jadi jadi pertimbangan, bahkan kelima tips di atas pun sangat mudah untuk diingat bukan? (Jangan sampai malah lupa tipsnya)..hehe..

Ada yang mau menambahkan atau meralat? Tunjukkan Merah Loe!! 😀

5 Comments
  1. rio says

    mas toloh kasihsaranbuat blogmajalahsaya apa yang kurang dari gadget nya

    <abbr>rio’s last blog post..TATA CARA PEMILU 2009 YANG BENAR</abbr>

  2. eka says

    wah wah wahh :-bd
    mantaapp

    tp saya tak mengerti :-S bahasan ketinggian. kga nyampe ni otak. hhe

    Makasih 🙂
    Tinggi? Jika terlalu tinggi, Saya juga tidak sampai 😀

  3. fandy says

    senang seandainya blog memiliki domain sendiri… jika ingin menjadi blogger profesional ikuti tips kang ahyari.. salam kenal kang
    .-= fandy´s last blog ..Hosting Murah Indonesia Indositehost.com =-.

  4. Agung says

    wow saatnya beli domain yang bagus. seperti ahyari ini. thanks ya.
    Manfaat Buah Apel

  5. DowNloadMe says

    bener bgt nama domainnya singkat dan ga ribet jadi mudah di ingat.makasih info nya

Comments are closed.