Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips memilih reksadana terbaik untuk masa depan

Reksadana merupakan salah satu wadah alternative bagi masyarakat yang mempunyai modal dan ingin melakukan investasi namun memiliki keterbatasan waktu, pengetahuan dan keahlian untuk memperhitungkan berbagai risiko dan hal lainnya terhadap investasi mereka. Pada intinya reksadana nantinya akan menghimpun dana yang dimiliki oleh pemodal dan kemudian akan diinvestasikan kedalam fortofolio efek dan selanjutnya akan dikelola oleh manajer investasi selaku pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut. Tentunya hal ini masih begitu membingungkan bagi calon investor yang masih awam terhadap dunia investasi, tapi tidak perlu kuatir karena ada beberapa tips yang dapat dipelajari sebagai pertimbangan untuk menentukan dan menyeleksi reksadana terbaik bagi anda mengingat begitu banyak reksadana yang ada di pasar.

investasi yang aman untuk pemula

Menentukan reksadana terbaik dan sesuai bagi kebutuhan dan keinginan sebenarnya sangatlah sederhana asalkan benar-benar mengetahui bagaimana melakukan proses seleksi terhadap banyaknya reksadana yang ditawarkan. Tips pertama yang dapat dilakukan adalah melihat ketersediaan produk reksadana yang ada di pasar. Tips kedua, tentukanlah tujuan dari investasi, hal tersebut diantaranya ialah apakah menginginkan pertumbuhan modal investasi untuk jangka panjang, atau untuk keuntungan investasi jangka pendek atau hanya ingin mempunyai penghasilan secara regular. Hal penting dalam investasi ini adalah sebaiknya dana yang dipergunakan untuk berinvestasi kedalam reksadana merupakan dana lain (dana tidak terpakai) diluar kebutuhan pokok calon investor sehingga tidak mengganggu pengeluaran rutin sang calon investor.

Kemudian tips ketiga adalah menentukan tingkat toleransi terhadap risiko investasi, hal yang dapat dipertimbangkan diantaranya adalah volatilitas investasi yang berarti naik atau turunnya nilai investasi, atau hasil dari investasi. Tips yang keempat adalah menentukan time horizon, yaitu berapa lama uang akan diinvestasikan. Tips yang kelima ialah menentukan jenis reksadana, karena reksadana memiliki varian terhadap biaya yang harus dikeluarkan oleh investor dan biaya ini juga berpengaruh terhadap penghasilan dari investasi yang sedang anda jalankan. Jenis-jenis reksadana diantaranya adalah reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksana pasar uang. Tips keenam ialah tentang biaya reksadana, beberapa istilah yang harus dipahami oleh calon investor saat akan menanamkan uang kedalam reksadana diantaranya ialah biaya pembelian dan biaya penjualan. Demikianlah beberapa tips untuk menentukan reksadana terbaik yang ingin dijalankan.

Comments are closed.