Tips Mencegah Disentri pada Anak

Disentri merupakan salah satu penyakit pencernaan yang dapat diindikasikan dengan terjadinya peradangan di usus. Peradangan yang terjadi ini disebabkan oleh bakteri. Ada dua jenis bakteri yang menyebabkan disentri, yakni: bakteri shigella dan bakteri entamoeba histolica. Bakteri perama lah yang banyak terdapat di Indonesia sebab bakteri kedua hanya berada di daerah tropis. Disentri pada anak merupakan salah satu hal yang kini banyak menjadi perhatian banyak orangtua di Indonesia. Hal ini disebabkan kasus disentri yang dialami anak-anak seringkali lebih parah dibandingkan orang dewasa. Pada beberapa kasus, anak-anak penderita disentri mengalami komplikasi dehidrasi dan pada akhirnya meninggal dunia. Hal ini memang disebabkan karena ketahanan tubuh anak terhadap komplikasi dehidrasi belum sekuat ketahanan tubuh orang dewasa terhadap komplikasi dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk mencegah sang anak terserang disentri.

langkah mencegah disentri

Langkah utama dalam pencegahan disentri sebenarnya cukup mudah, kita hanya harus menjaga kebersihan diri kita dan lingkungan kita. Kebanyakan kasus disentri pada anak disebabkan si anak memakan makana yang kotor dan emngandung bakteri. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memastikan anak-anaknya menjauhi makanan yang tidak terjamin kebersihnnya. Selain itu, penting juga bagi anak untuk meminum air yang bersih dan benar-benar matang. Jangan biarkan anak anda meminum air keran atau air sungai yang meskipun terlihat bersih, belum terjamin kandungan apa saja di dalam air tersebut.

Kemudian, penting bagi sang anak untuk mencuci tangan sebelum makan. Pada banyak kasus, bakteri yang menyebabkan disentri pada anak berasal dari tangan sang anak yang kotor, bukan makanannya yang kotor. Mencuci tangan dalam konteks ini tentu saja mencuci tangan dengan sabun cuci tangan terpercaya yang mampu membunuh kuman penyebab bakteri. Sabun pencuci tangan terbaik dan terpercaya adalah sabun cuci tangan Lifebuoy. Sudah banyak orang memakai dan membuktikan kualitas sabun cuci tangan Lifebuoy. Anda bisa memulai kebiasaan baik mencuci tangan dengan sabun cuci tangan Lifebuoy dari sekarang. Nantinya, sang anak akan terbiasa mencuci tangan sebelum makan dimanapun ia akan makan.

Post Comment

CommentLuv badge