Tips Mencegah Ruam Popok Secara Mudah

Setiap orang tua tentu menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh dengan normal dan juga sehat. Sehingaa jika kelihatan bayi tampak sakit sedikit saja, maka akan cepat-cepat untuk diobati. Begitupun untuk kenyamanan bayi, karena usia bayi suka buang air kecil atau besar maka untuk mengatasinya orang tuapun biasanya memberikan bayi popok, atau pakaian yang dapat menyerap secara langsung air urine bayi ketika buang air kecil.

Dalam penggunaan popok bayi ini, jika penggunaan popok bayi ini sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam pemakaiannya, maka bayipun akan senantiasa sehat dan terawat. Namun ketika penggunaan popok bayi ini tidak sesuai dengan penggunaannya, maka biasanya akan berdampak pada ruam popok pada bayi anda. Ruam popok sendiri yaitu iritasi atau infeksi pada kulit bayi terutama sekitar pantat dan paha bayi. Dan bagi anda yang tidak ingin melihat bayi kesayangannya mengalami ruam popok, maka anda dapat melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  1. Mengganti popok bayi. Popok bayi sebaiknya sesegera mungkin diganti ketika bayi buang air besar. Selain itu juga dalam air urinnya walaupun telah kering dan terserap dalam popok bayi anda, maka sebaiknya jangan terlalu lama juga membiarkan bayi dalam popok yang penuh terlalu lama.
  2. Membersihkan area popok bayi. Saat anda mengganti popok bayi karena akan menggantinya maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu area popok bayi tersebut, terutama dari sisa air kencing atau feses bayi. Hal ini karena jika dibiarkan akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang berakibat pada ruam popok. Pastikan pula tempat yang dibersihkan benar-benar kering sehingga tidak menjadi lembab saat dipakai bayi. Karena inti dari mencegah terjadinya ruam popok yaitu menjaga agar bayi tetap kering dan bersih.
  3. Memilih popok bayi. Saat anda memakaikan popok bayi maka pilihlah jenis popok yang tidak terlalu ketat untuk memberikan ruang bernafas bagi bayi kulit bayi anda.
  4. Gunakan krim popok. Penggunaan krim popok digunakan jika bayi anda menggunakan pospak, anda dapat mengoleskan krim popok tipis-tipis pada area popok agar kulit bayi tidak tidak bersentuhan langsung dengan kotoran bayi atau urinnya.
    Zwitsal untuk Cegah Ruam Popok
  5. Pengenalan penyebab infeksi. Jika bayi anda sudah mulai makan makanan yang padat maka sebaiknya anda berikan selang waktu beberapa hari sebelum memperkenalkan makanan yang baru. Dengan seperti ini dapat membantu anda dalam mengenali penyebab infeksinya apakah berhubungan dengan makanan tertentu saat bayi anda terkena ruam popok.

Dari penjelasan tentang cara pencegahan ruam popok di atas, initinya anda sebagai orang tua memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan bayi anda, sehingga secara rajin dan teratur dalam membersihkan bayi anda, terutama daerah popok anda sangat diutamakan agar bayi anda dapat terhindar dari ruam popok.

One thought on “Tips Mencegah Ruam Popok Secara Mudah


Post Comment

CommentLuv badge