Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa kita sebut hipertensi merupakan penyakit dimana tekanan darah kita dipompa oleh jantung lebih cepat dan tidak sebagaimana mestinya. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, mulai dewasa maupun orang tua. Tekanan darah tinggi tidak boleh disepelekan, karena penyakit ini dapat menjadi kronis. Gejala penyakit ini biasanya terasa pusing, mudah lelah, dan terkadang terasa sesak di dada. Bila tidak cepat diatasi penyakit ini akan sangat berbahaya karenamengarah ke komplikasi yang berujung stroke. Untuk itu kita harus berhati-hati menghadapi penyakit ini. Berikut sedikit tips menurunkan tekanan darah tinggi:

tips menurunkan darah tinggi

  1. Bila anda teridentifikasi terkena tekanan darah tinggi, dianjurkan anda untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Seperti: buah belimbing, mentimun, semangka, melon, pepino, dll.
  2. Hindari stres, karena stres akan memicu tekanan darah anda. Bila anda merasa stres sebaiknya anda cepat menghibur diri, mungkin dengan berbelanja di mal ataupun kumpul dengan teman.
  3. Hindari makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Seperti:daging kambing, sayur jengkol, pete, dll.
  4. Hindari kebiasaan buruk. Seperti begadang, merokok, minum kopi berlebih, dan mengkonsumsi alkohol.
  5. Hindari konflik dengan keluarga maupun teman. Karena hal itu dapat membuat tubuh kita menjadi tegang yang mengakibatkan tekanan darah kita menjadi tinggi.
  6. Berolahragalah secara teratur

Mengingat berbahayanya penyakit yang ditimbulkan karena tekanan darah tinggi, hendaknya kita sudah mulai sadar dan berusaha untuk hidup yang sehat demi kelangsungan hidup kita dan keluarga salah satunya dengan menggunakan tips menurunkan tekanan darah tinggi di atas.

Post Comment

CommentLuv badge