Tips Merawat Kulit untuk Hindari Penuaan Dini

Timbulnya flek dan noda hitam serta gejala keriput pada bagian wajah, dengan kulit yang terlihat pecah-pecah, kasar, kering dan bersisik merupakan tanda-tanda awal dari penuaan diri. Tanda-tanda tersebut merupakan sinyal atau peringatan bagi siapapun yang ingin tetap menjaga penampilannya, untuk segera merawat kulit dengan lebih intensif, jika ingin tetap terlihat muda.

rahasia perawatan kulit cantik ayumi hamasaki

Penuaan dini sendiri sebenarnya disebabkan oleh dua faktor, yakni: faktor internal yang terkait dengan kejiwaan, kesehatan dan daya tahan tubuh, serta keturunan. Faktor internal ini tidak dapat dihindari karena merupakan proses alami yang dapat terjadi pada siapa saja. Namun, faktor internal ini dapat dicegah dengan cara mengurangi kadar stress, guna meminimalisir terjadinya perubahan hormonal.

Faktor kedua yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah faktor eksternal, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari terutama pada jam 10.00 – 15.00, yakni disaat sinar ultraviolet berada pada titik kulminasi, radikal bebas yang dapat menggerogoti sel-sel tubuh dan mengganggu pertumbuhan kolagen, serta kelembaban udara yang tidak stabil.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, yang disebabkan oleh faktor eksternal itulah, seseorang perlu melakukan perawatan kulit dengan intensif, terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering, karena pada jenis kulit kering kadar sebum atau kandungan minyak untuk melembabkan dan menjadi pelindung kulit dari polusi kadarnya sangat terbatas.

Beberapa cara untuk merawat kulit guna mencegah terjadinya penuaan dini tersebut dapat dilakukan dengan:

  • Berolahraga secara teratur, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Olah raga yang dimaksud tidak harus olah raga yang membutuhkan fisik prima, tapi cukup dengan melakukan olah raga yang sesuai dengan kondisi fisik yang ada, seperti jogging, bersepeda, atau renang. Olah raga bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah, sehingga asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel tubuh menjadi lebih baik, serta membantu terjadinya pembentukan sel-sel kulit baru.
  • Untuk membantu pembentukan antioksidan alami, konsumsilah secara teratur sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Sayur dan buah juga berfungsi sebagai sumber nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Antioksidan alami juga dapat diperoleh dari beberapa jenis herbal, salah satu diantaranya adalah teh hijau yang sangat baik untuk membantu perawatan kulit.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih, setidaknya 2,5 liter dalam sehari, karena air putih berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Selain memperbanyak mengkonsumsi air putih, kurangi jenis minuman yang lain seperti kopi dan soft drink yang kurang baik untuk pertumbuhan sel tubuh.
  • Lakukan perawatan kulit secara teratur, seperti melakukan refleksi dan pemijatan untuk memperbaiki peredaran darah, maupun dengan memberikan nutrisi guna melembabkan kulit, baik dengan menggunakan gel/masker maupun serum.
  • Lindungi lapisan epidermis atau lapisan terluar dari kulit dengan lotion yang tepat, yakni Citra Hand & Body Lotion. Produk ini mengandung bahan alami yang dapat membantu regenerasi sel-sel kulit, membuat rata warna kulit, melembutkan dan menghaluskan kulit, dan membuat kulit terlihat lebih muda bercahaya. Bahan alami seperti madu, minyak Zaitun, ekstrak buah mulberry, bengkoang, yoghurt, susu, dan royal jelly yang terkandung pada Citra Hand & Body Lotion dapat membantu menjaga kulit agar tetap terdehidrasi, kenyal, halus dan lembut, karena bahan-bahan alami tersebut sudah dikenal sejak ribuan tahun lamanya sebagai bahan alami untuk merawat kulit.

Demikian beberapa tips merawat kulit secara alami untuk mencegah terjadinya penuaan diri.

One thought on “Tips Merawat Kulit untuk Hindari Penuaan Dini

Comments are closed.