Tips Perawatan Kamera DSLR untuk Mempertahankan Kualitasnya

Bagi pecinta dunia fotografi tentunya selalu menenteng kamera kemanapun ia pergi, baik dekat maupun pergi ke lokasi yang jauh. Moment yang menakjubkan akan dapat ditemukan secara tiba-tiba dan sayang jika tidak diabadikan. Maka seorang penggemar dunia jepret-menjepret pasti akan selalu memasukkan kamera kesayangan di tas. Sering mengajak kamera bepergian dan digunakan dalam intensitas yang lumayan banyak membuatnya perlu dirawat. Ada beberapa tips perawatan kamera yang bisa dicoba untuk menjaga kualitasnya.

Merawat Kamera DSLR yang benar

Bagi siapa saja yang memiliki dan aktif menggunakan kamera DSLR maka ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk merawat kamera tersebut. Perawatan yang dimaksud antara lain:

  1. Jauhkan dari air,
    Kamera DSLR kini memang hadir dengan pilihan weather sealed yang disinyalir mampu bertahan dalam kondisi yang lembab atau basah. Namun, adanya informasi ini ternyata tidak menjamin kamera bisa aman digunakan di lingkungan basah dan lembab.

    Komponen pada bagian dalam kamera DSLR sangat sensitif pada air dan udara sekitar yang lembab dan mudah rusak. Mencegah adanya resiko kamera tiba-tiba mati atau sulit menjalankan beberapa settingannya. Maka selalu hindari lokasi yang mudah terkena air apalagi sampai mengambil foto di dalam air. Lakukan pengambilan foto di tempat yang kering supaya kamera tersebut tidak mudah rusak dan fitur di dalamnya bisa dijalankan dengan sebagaimana mestinya.

  1. Menjaga kebersihan kamera,
    Kamera DSLR memiliki banyak bagian sensitif dan penting, terkena kotoran atau debu bisa membuatnya kehilangan fungsi dasarnya. Maka dalam melakukan tips perawatan kamera DSLR sangat penting menjaga kebersihan kamera tersebut. Membersihkan bagian tertentu pun sebaiknya hati-hati, terutama untuk bagian lensa yang cenderung sensitif. Membersihkan lensa sebaiknya tidak dengan tangan kosong atau lap yang kotor dan kasar sebab bisa merusak kualitas jepretannya. Usahakan saat membersihkan lensa sudah terlindung oleh lens hood.
  1. Paham cara mematikan dengan benar,
    Mematikan kamera dengan benar juga patut untuk diketahui, sebab beberapa orang melakukan kesalahan dalam hal ini. Foto-foto yang sudah diambil biasanya akan segera ditransfer ke komputer untuk diedit atau diupload sesuai kebutuhan. Sebelum melepaskan memory card ataupun baterai, usahakan dimatikan dahulu jangan asal dicabut begitu saja. Apabila komponen tertentu diambil saat kamera masih menyala maka rentan mengalami kerusakan. Sebab perubahan arus listrik secara mendadak membuat komponen di dalamnya mudah mengalami masalah.
  1. Paham cara menggunakannya,
    Kamera DSLR merk apapun memiliki banyak sekali tombol yang masing-masing menyajikan fitur tertentu untuk menghasilkan foto berkualitas. Pengguna pemula biasanya akan bingung harus memakai tombol mana atau kurang paham fungsi masing-masing tombol tersebut. Sebagai bentuk perhatian akan pentingnya merawat kamera kesayangan, sebaiknya tidak asal menekan tombol. Terlebih jika ada beberapa bagian yang macet maka sebaiknya bertanya kepada orang yang lebih paham. Tindakan yang tepat sekaligus ditangani oleh orang yang tepat memberikan ilmu baru untuk menggunakan kamera dengan benar.
  1. Menyimpan dengan benar,
    Menyimpan kamera DSLR sebaiknya juga tidak sembarangan, sebab lingkungan sekitar yang kurang mendukung bisa membuatnya cepat rusak. Sederhananya adalah memilih tempat penyimpanan yang kering dan juga bersih supaya komponen di dalamnya tidak mengalami masalah. Salah memilih tempat penyimpanan akan berakibat buruk, dan bisa jadi kamera akan mati total. maka penting juga menyediakan tempat atau wadah khusus untuk tips perawatan kamera dengan teknik penyimpanan yang sesuai dengan sifat kamera tersebut.

2 komentar pada “Tips Perawatan Kamera DSLR untuk Mempertahankan Kualitasnya


Post Comment

CommentLuv badge