Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

WordPress dot com; ngeblog dengan hati

Mungkin sebagian bertanya, apa maksud judul di atas. Begini, setiap layanan yang ada di internet, baik yang berbayar atau yang gratis selalu memiliki Term of Service (TOS). Seringkali kita enggan untuk membacanya. Seperti saat registrasi di Facebook, kita tinggal menconteng saja tanpa membaca TOS terlebih dahulu.

Dalam bahasa sehari-hari, TOS dapat diartikan sebagai aturan yang mengikat setiap anggota atau member dari suatu komunitas atau situs. Tidak terkecuali WordPress.com (WP).

Penyedia layanan blog gratis seperti WP juga menyertakan TOS saat proses registrasi. Apakah Anda membacanya saat mendaftar? Saya tidak 😛 kemudian sesuatu “menimpa” Saya –yang mengharuskan Saya untuk membaca TOS tersebut.

“Sesuatu” yang sangat ditakuti setiap pemilik blog di WP. Suspended atau Banned! Saya pernah mengalaminya. Perhatikan screen shot di bawah ini:

be carefull! Suspended!!!

Mudah-mudahan Anda tidak pernah mengalaminya. Apa sebabnya blog Saya yang beralamat di 71mm0.wordpress.com tersebut di suspended?

Tidak lain dan tidak bukan adalah karena Saya memasang logo yang link location-nya mengarah ke situs yang sedang mengadakan kontes SEO Stop Dreaming Start Action. Seketika itu juga, yang bisa Saya akses hanya menu export dan user profile.

Menyadari kesalahan Saya, Saya menghubungi pihak WP dan menjelaskan bahwa Saya hanya mendukung, tidak ikut serta. Juga mengaku bersalah dan tidak akan mengulangi lagi.

Sehari kemudian, Saya mendapat balasan bahwa blog Saya tidak di banned lagi. Alhamdulillah.

Selain dilarang ikut kontes SEO, seluruhh blog yang berada di bawah naungan WP DILARANG untuk ikut perlombaan atau kontes lain seperti kontes review, menulis dsb. WP juga melarang untuk memonetasi blog. Otomatis yang namanya program PPC, PTC, PTR dan segala bentuk cara menghasilkan uang di dunia maya.

WP hanya ingin melayani orang-orang yang ngeblog dengan hati. Orang-orang yang ingin mencurahkan apa saja tentang sesuatu yang dirasa bermanfaat untuk dirinya (dan mungkin orang lain).

So, buat kawan-kawan yang berada di WordPress.com, segeralah “bersih-bersih” kode, tulisan hasil dari job review dan hal lain terkait monetasi dan kontes. Sapa tahu pihak wordpress mengadakan “razia” 😉

Silakan baca kembali TOS WP di sini.

Semoga bermanfaat..

6 Comments
  1. Dinda Watson says

    kalau aku sih, jujur loh jujur bulan puasa nih…
    ngga pernah baca tos…
    hahahaha
    aku tau ada pelanggaran beginian pasti melihat dari pengalaman blog2 yg di suspend…
    .-= Dinda Watson´s last blog ..Sedikit Tentang Dinda Watson : Pak, Mas, Mbak, atau Adek?? =-.

  2. yoesz says

    berarti gua harus beli domain n hosting sendiri dung (kalo mau ngejob di dunia maya) 🙁

    yeeahhh sepakat ngebLog dengan hati 😉
    pake jantung bisa ga ya ?? ckckckck 😛

  3. Liew says

    Oo kaya gitu kah skalinya,he..
    .-= Liew´s last blog ..New Theme =-.

  4. Ahyari says

    #Dinda
    hahaha.. sama dunk.. tp kali ini aku mengalaminya 🙂
    #Yoesz
    Yoi bro, Anda benar.. SEPAKAT! nge-blog dengan hati 😉
    #Liew
    iya Sayang 😛
    .-= Ahyari´s last blog ..Membuat BlogRoll di Halaman =-.

  5. yoesz says

    seeeppp… 😀
    .-= yoesz´s last blog ..Beda SaLeSma DenGan InflueNza ?? =-.

  6. Nina Minami says

    emang budaya kita khan gitu, kita akad kredit di bank juga gak baca, teken kontrak kerja juga gak baca, buka tabungan di bank dengan Terms of service yang panjjaaaangggg, pokokmen kita teken saja gituuuu khhaaannn…. yah gimana lagi…
    .-= Nina Minami´s last blog ..Megan Fox =-.

Comments are closed.