WordPress untuk Affiliasi Amazon

WordPress untuk Affiliasi Amazon? TENTU! WordPress memiliki berbagai macam sarana untuk bermain Affiliasi Amazon (Amazon Associates). Seperti janji pada tulisan Berkenalan Dengan Affiliasi Amazon, InsyaAllah jika tidak sibuk, tulisan tentang Amazon ini akan dibuat serial-nya.

Jadi, jika Anda ingin melihat tulisan lain yang terkait dengan Amazon, cukup mengklik Tag Amazon di sidebar atau mengetikkan kata “Amazon” di kolom pencarian di atas blog butut ini.

WordPress merupakan software yang dinamis; yang bisa diintegrasikan dengan Affiliasi Amazon melalui berbagai macam cara.

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang WordPress untuk Amazon Affiliate, terdapat 2 tipe dasar cara menggunakan WordPress untuk ber-Affiliasi dengan Amazon:

  1. Sebagai Affiliate Marketer yang hanya menjalankan web/blog yang berisi online store (toko online) yang nantinya nge-link ke Amazon.
  2. Sebagai Blogger yang memonetasi tulisan-nya dengan Produk dari Amazon.

Yang mana pun, saya berharap tulisan sederhana ini bisa bermanfaat dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Bukankah di dunia ini; yang tidak habis dibagi itu adalah ilmu? πŸ˜‰

Amazon - WordPress
Amazon – WordPress

Menggunakan WordPress untuk membuat Toko Amazon

Jika Anda adalah seorang Amazoner (orang yang “bermain” dengan Amazon sebagai affiliasi untuk memperoleh penghasilan) dengan web statik mungkin bisa mencoba dengan menggunakan WordPress. Untuk itu, Anda harus menginstall WordPress dengan beberapa Plugin Khusus untuk Amazon.

Meskipun mungkin untuk Membangun Amazon Store dengan Plugin WordPress Gratis, hasilnya -entah mengapa- masih “terasa” kurang optimal karena fungsi-fungsi yang terbatas; tetapi masih menghasilkan koq ;). Sebagai contoh, berikut ini ada beberapa fungsi spesial yang bisa dilakukan oleh Premium Plugin, tapi tidak bisa dilakukan oleh Plugin Gratisan (setidaknya hingga saat ini, belum ada plugin gratis yang bisa melakukan fungsi ini; kecuali Anda membuat sendiri plugin-nya πŸ˜€ ):

  • Meng-Import Produk Sekaligus Banyak dari Amazon ke WordPress
  • Membuat Amazon Store dengan Keranjang Belanja Terintegrasi di WordPress
  • Mengintegrasikan Affiliasi Amazon dan eBay
  • Meng-Import Amazon Produk dari Merchant, Publisher atau Perusahaan Tertentu

Beberapa plugin WordPress berbayar yang populer untuk membuat Amazon Store adalah ReviewAZON, WP Zon Builder, phpZon, ShopperPress, WP Robot dan WP AmaNiche. Beberapa dari plugin di atas, seperti WP Robot yang berfokus di sisi blog autoposting berdasarkan konten dari produk Amazon. Yang lain, seperti phpZon memiliki kemampuan yang lebih seperti membuat Amazon eCommerce Store di blog bermesin WordPress.

Silakan dicek Perbandingan 3 Plugin Amazon Terpopuler.

Terlepas dari plugin, masih banyak yang belum mengerti tentang “tata kelola” theme di WordPress dalam membuat Amazon Store. Khusus untuk theme, akan di bahas di Amazon WordPress Theme πŸ˜‰

Monetasi Tulisan di WordPress dengan Amazon

Sebagai blogger yang menggunakan WordPress, Anda -tentu saja- memiliki berbagai macam cara untuk memonetasi konten atau tulisan Anda dengan Affiliasi Amazon. Salah satu cara yang paling terkenal untuk mendapatkan uang dolar pada Affiliasi Amazon adalah dengan menggunakan Amazon Widget. Anda dapat dengan mudah Memasang Widget Amazon di WordPress. Secara sederhana, ada beberapa cara dalam menggunakan widget Amazon pada WordPress:

  • Menyisipkan di dalam tulisan (Post)
  • Merubah atau menambahkan kode widget pada theme (Theme Editor)
  • Memodifikasi sidebar (Widget WordPress)
  • Menggunakan Plugin Amazon untuk Blogger.

Agar tersusun rapi (ceile), silakan ke halaman Cara Memasang Widget Amazon di WordPress.

Eits, pendapatan dari Google AdSense sedikit? Atau bahkan dibanned oleh Google AdSense? Mungkin Amazon Associate Ads bisa menjadi alternatif adsense yang terbaik. Anda bisa saja Membuat Iklan Amazon Muncul Secara Otomatis di WordPress. Karena iklan Amazon ini bersifat kontekstual dan otomatis, iklan jenis ini memiliki cara kerja yang mirip dengan Google AdSense.

Atau, jika Anda hanya ingin menampilkan iklan Amazon pada tulisan di single post, Anda dapat Memasang Iklan Amazon di Sidebar secara Manual atau Memasang Iklan Amazon di Tulisan itu sendiri.

Sebenarnya, Widget dari Amazon sendiri sudah cukup untuk bermain Affiliasi Amazon; Bahkan, meski tidak selalu menggunakan plugin khusus Amazon sekalipun. Hanya saja, dengan bantuan plugin, Anda akan lebih dipermudah dan ada beberapa trik yang hanya bisa dilakukan dengan plugin.

Sebagai contoh, ada plugin yang bisa men-scan tulisan dan komentar, dan jika ada kata yang sesuai, secara otomatis akan memodifikasi kata tersebut menjadi Amazon Assoicate ID milik Anda.

Beberapa Tips dalam Menggunakan WordPress sebagai Affiliasi Amazon

Siapapun Anda, baik Affiliate Marketer ataupun seorang blogger, mungkin ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan penghasilan di WordPress dengan Amazon.

Contohnya, Anda bisa Membuat Form Pencarian Amazon di WordPress, sehingga pengunjung bisa mencari produk Amazon melalui blog WordPress Anda; dan tentu saja, jika pengunjung membeli, Anda akan mendapatkan bayaran πŸ˜‰

Atau, jika SEO dan Riset Kata Kunci untuk Amazon merupakan hal yang sulit, mungkin Anda bisa Membuat Link Affiliasi Amazon menjadi SEO Friendly.

Akhir kata, tulisan ini masih dalam tahap pengembangan. Saran serta kritik yang membangun selalu kami nanti untuk perbaikan di kemudian hari. Tulisan di atas memiliki link yang saling terkait, dan sebaiknya Anda membacanya juga πŸ˜€

Sekedar mengingatkan kembali, tulisan di atas berdasarkan pada blog yang dibuat khusus untuk Affiliasi Amazon. Blog tersebut menggunakan Bahasa Inggris sebagai relevansi tulisan. Mengapa bukan Bahasa Indonesia? Salah satu alasannya karena orang-orang barat atau Amerika memiliki tingkat pembelian yang tinggi di Amazon, dan mereka tidak mengerti Bahasa Indonesia. Jadi, buatlah blog WordPress untuk Affiliasi Amazon dalam Bahasa Inggris untuk lebih memaksimalkan potensi earning dari Amazon Associates πŸ˜‰

15 komentar pada “WordPress untuk Affiliasi Amazon

    1. Kalau berbahasa Indonesia, apa target pembelinya orang Indonesia? Untuk saat ini, sepertinya belum laku kalau targetnya orang Indonesia.. Sebab, orang Indonesia masih suka beli “dari facebook” yang cukup sms dari pada sistem e commerce πŸ˜†
      So, musti bahasa Inggris (target internasional) πŸ˜‰

      Reply

Post Comment

CommentLuv badge