Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

17 FireFox Add-Ons untuk WordPress

Pengguna mozilla firefox pasti sering menggunakan add-ons untuk menambah performa browser entah untuk mempermudah pencarian, maupun sebagai tools tambahan yang tidak terdapat dalam keadaan “standar”.

Nah, ternyata ada juga lho add-ons yang bisa mempermudah dalam pengaturan blog kita, terutama bagi blog bermesin WordPress.

Berikut Add-Ons yang mungkin berguna bagi Anda para pengguna WordPress:

1. WordPress Helper

Sesuai namanya, WordPress helper berfungsi sebagai penolong jika suatu waktu Anda mendapat masalah dengan WordPress Anda. Nah, WordPress Helper ini bisa menyajikan link-link official WordPress seperti forum tanya-jawab, support dsb. Setelah proses installasi selesai, coba Anda klik kanan dihalaman browser Firefox Anda. Nanti akan terlihat sebuah submenu baru bertuliskan WordPress Helper.

2. WordPress.com Sidebar

Add-on yang ini akan menambahkan sebuah sidebar pada browser FireFox dengan fungsi utama seperti bookmark, stats, post dari blog wordpress.com Anda (jika Anda punya lebih dari 1 blog di WordPress.com), sehingga Anda tetap bisa browsing tanpa harus memindah tab atau jendela baru.

3. One Click Installer for WordPress

Dengan extension ini, Anda dapat menginstall plugins wordpress tanpa harus melalui admin panel/dashboard WordPress.

4. Deepest Sender

Deepest Sender merupakan sebuah client yang dapat mempublish artikel yang Anda tulis pada area yang telah disediakan. Ini pun tanpa perlu masuk ke dashboard. Hanya diperlukan login. Lebih singkat dan hemat waktu.

5. DashBlog

Mempermudah Anda dalam mengumpulkan video, link, foto yang Anda suka di web manapun dan mem-publish-nya ke blog Anda.

6. ClipMarks

Di samping dipergunakan untuk meng-copy-paste suatu link, ClipMarks ini juga digunakan seperti “gunting” untuk menyunting bagian artikel tertentu dan menyimpannya dalam web mereka (clipmarks.com). Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, Anda harus membuat akun baru di clipmarks.com

7. Zemanta

Unik. Zemanta memiliki kemampuan untuk “memberi saran” untuk tulisan yang akan di-publish dengan bentuk memberikan gambar atau link yang relevan dengan postingan kita.

8. WordPress Detector

Sesuai namanya, fungsinya untuk mendetekesi suatu situs yang menggunakan WordPress.

9. ZWordPress

Add-on ini mengizinkan Anda untuk melakukan perintah terhadap fungsi WordPress hanya melalui kombinasi shortcut di keyboard.

10. MMD WordPress.com Extension

Add-on ini berfungsi untuk menampilkan status bar kecil yang berisi tentang stats blog kita yang berada di WordPress.com

11. WordPress Plugins

Add on yang berfungsi sebagai shortcut dalam pencarian plugins untuk WordPress

12. Screen Grab to WordPress!

Seperti halnya Print Screen pada windows, add on ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar keadaan desktop maupun pada aplikasi lain dan langsung bisa di-upload ke blog WordPress Anda melalui metode xml-rpc.

13. WordPress Themes

Add on yang berfungsi sebagai shortcut dalam pencarian theme untuk WordPress

14. WordPress Plugins (tag)

Berbeda dengan WordPress Plugins pada no.11, Add on yang ini berfungsi sebagai shortcut dalam pencarian plugins untuk WordPress namun berdasarkan tag.

15. WordPress Post

Add-on yang memudahkan Anda dalam mem-publish teks apapun yang ada di jendela browser Anda. Tinggal sorot, kemudian publish ke blog Anda.

16. Exporter

Membuat data file backup blog Anda dengan format *.wxr (WordPress eXtended Rss). Jadi Anda bisa mengexspor tulisan Anda dib log lama ke tempat yang baru. Add-on ini juga bisa digunakan untuk Yahoo 360, blogfa, PersianBlog and BlogSky.

17. LinkSensor

LinkSensor merupakan sebuah tool untuk blogger dan publisher yang ingin mengekspose konten dan meningkatkan pageviews. LinkSensor akan menganalisa tulisan/postingan Anda. Saat kursor Anda mengarah ke sebuah teks yang berisikan link, maka akan muncul “balon” kecil yang akan memberikan tulisan/postingan lain yang mungkin berhubungan dari tulisan Anda yang lain.

Silakan pilih add-on yang sesuai dengan keperluan Blog WordPress Anda. Terkadang fasilitas add-on di atas sudah dikembangkan di engine terbaru wordpress. So, rajin-rajinlah ke situs resmi wordpress..