4 Pilihan Obat Sakit Gigi Secara Alami yang Bisa Dicoba

www.ahyari.net – Sepertinya semua orang tanpa terkecuali pernah atau malah sedang sakit gigi sehingga mulai kelimpungan mencari obat sakit gigi yang ampuh. Sakit pada gigi ini memang bervariasi sebab ada yang terbilang ringan sehingga mudah untuk ditahan namun ada yang sebaliknya. Rasa berdenyut yang luar biasa terasa di sepanjang rahang dan kadang kala diikuti dengan pembengkakan pada gusi membuat kenyamanan sangat terganggu. Mau tidur susah nyenyak, mau berbicara terasa menyiksa, lebih-lebih saat makan maupun minum dijamin enggan menikmatinya.

Obat Alami untuk Atasi Sakit Gigi

Obat Alami untuk Atasi Sakit Gigi

Penyebab dari sakit gigi ini beragam mulai yang paling sering adalah gigi yang mulai berlubang, kemudian ada pula karena terjadi infeksi, terlihatnya akar gigit, radang pada gusi, dan lain sebagainya. Kalau sudah terlanjur sakit gigi maka pertimbangkan memakai obat alami sebab obat di pasaran memiliki dosis yang tinggi. Adapun obat alaminya antara lain:

  1. Menggunakan merica dan garam,
    Garam dan merica atau lada ini bisa dicampur untuk membantu mengatasi sakit gigi, cukup mencampurkannya sedikit. Kemudian basahi dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta kental lalu dioleskan pada gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali selama beberapa hari sampai sakit berkurang atau hilang.
  2. Memakai bawang putih,
    Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang juga mengandung anti bakteri, dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Cara paling mudah adalah dengan mengunyah bawang putih yang masih mentah, dan gunakan gigi yang sakit untuk mengunyahnya. Namun kalau tidak suka dengan rasa bawang putih yang pedasnya khas ini maka bisa dicampur dengan garam, dihaluskan sampai merata. Baru kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit supaya bisa lekas reda.
  3. Memanfaatkan cengkeh,
    Cengkeh menjadi salah satu jenis rempah yang dianggap paling ampuh mengusir sakit gigi, dan dikenal sejak lama. Cengkeh mengandung anti bakteri, anti inflamasi, antioksidan, sekaligus anti anastesi. Anda tentu akan sangat tepat memanfaatkan beberapa buah cengkeh ini untuk meredakan sakit pada gigi yang sudah berlangsung selama beberapa hari. Caranya cukup menghaluskan cengkeh dan dicampur dengan minyak sayur, ambil kapas dan oleskan dengan campuran ini untuk kemudian dioleskan ke gigi yang sakit.
  4. Berkumur dengan larutan garam,
    Kalau Anda ke dokter gigi dalam posisi gusi membengkak karena sakit gigi yang dialami, maka selain diberi obat. Nantinya Anda pun akan diminta untuk berkumur dengan air garam sebab larutan garam efektif meredakan gusi bengkak sekaligus mengurangi rasa sakit pada gigi. Campur sedikit garam dengan segelas kecil air hangat, aduk sampai garam larut dan gunakan berkumur di pagi dan malam hari menjelang tidur. Larutan garam ini menjadi salah satu obat sakit gigi yang alami dan sangat efektif.