6 Keuntungan Menggunakan Social Media Analysis untuk Bisnis

Sekarang ini jika dilihat media sosial sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Hampir semua orang yang menggunakan internet, pasti memiliki setidaknya satu akun di media sosial mereka. Entah itu sekedar digunakan untuk menambah jaringan pertemanan, hiburan atau dengan tujuan bisnis. Sejalan dengan hal tersebut maka banyak pula bermunculan layanan atau jasa social media analysis Indonesia? Lalu sebenarnya apakah ini.

Social Media Analysis

Sosial media analysis dapat dikatakan sebagai proses untuk mengumpulkan data yang berasal dari media sosial. Nantinya data tersebut akan diproses menjadi sebuah wawasan yang terstruktur untuk kepentingan bisnis. Itulah mengapa diantara pelaku bisnis bergantung akan hasil analisis tersebut untuk menemukan peluang baru. Karena memang perannya yang sangat penting inilah sekarang ada banyak perusahaan yang lebih memilih cara singkat dengan menggunakan layanan yang sudah berpengalaman di dalam melakukan analisis ini.

Apalagi sumber daya manusia yang dapat melakukan analisis pada sosial media saat ini memang masih terbatas. Lebih efektif hasilnya jika seandainya menggunakan layanan atau jasa yang sudah berpengalaman. Apalagi keberadaannya sekarang ini juga sangatlah banyak. Lalu apa sebenarnya keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan jasa seorang sosial media analis ini? berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Membantu untuk menganalisis followers atau pengikut, dengan mencari tahu latar belakang atau seluk beluk dari followers tersebut maka dapat membantu di dalam memahami mereka, misalnya apa yang mereka sukai, rata-rata rentan usia dan sebagainya. Kedepannya ini dapat dijadikan sebagai prospek berbisnis. Mengetahui juga kapan waktu yang tepat untuk upload sebuah postingan.
  2. Mengetahui jenis sosial media yang terbaik untuk bisnis Anda, ada beragam jenis media sosial yang bisa digunakan, mulai diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan masih banyak lagi yang lainnya. jika sudah dilakukan analisis sebelumnya, maka Anda dapat mengetahui manakah diantara media sosial tersebut yang terbaik dipakai sebagai sarana berbisnis. Sehingga menciptakan sebuah peluang usaha yang bagus.
  3. Membantu untuk membuat konten yang lebih menarik dan menjual, hasil analisis sosial media ini nantinya bisa digunakan sebagai acuan dalam berinovasi. Bagaimana caranya membuat konten yang lebih menarik. Sesuatu yang sedang ngetrend saat ini dan sebagainya, sehingga nantinya konten tersebut juga bisa lebih menjual, lebih baik dari waktu ke waktu.
  4. Menganalisis pesaing Anda, bagi seorang pelaku bisnis tentunya sudah tahu pentingnya menganalisis pesaing, yaitu dapat menemukan bagaimana kelemahan mereka. membuat Anda mengambil keputusan secara bijak terkait dengan bisnis yang dijalankan tersebut. Belajar untuk tidak melakukan kesalahan seperti yang dilakukan oleh kompetitor Anda tersebut.
  5. Dapat melacak kinerja atau efektivitas dari campaign yang dilakukan lewat media sosial, apakah campaign tersebut sudah memenuhi hasil yang diharapkan ataukah belum, sesuai dengan apa yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Jika memang belum, maka nantinya Anda dapat melakukan perbaikan untuk mengoptimalkan hasilnya tersebut.
  6. Digunakan untuk mengidentifikasi influencer, kegiatan yang satu ini juga berguna untuk mengidentifikasi influencer yang tepat, yang nantinya akan Anda gunakan untuk promosi atau endorse produk atau jasa tersebut. Sehingga jangkauan usaha Anda bisa semakin luas.

Analisis sosial media ini harus dipercayakan kepada yang sudah berpengalaman, salah satunya seperti Sonar Platform. Dapatkan hasil terbaik yang berguna untuk peningkatan penjualan bisnis Anda dan memperluas jangkauan pasar.