Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

7 Alasan Memilih Chitika

Awalnya, saya ingin menulis Chitika Versus Adsense. Setelah dipikir-pikir, saya yang newbie di adsense dan chitika, merasa kurang pantas membandingkan 2 raksasa periklanan tersebut. Akhirnya, saya mengurunkan niat untuk membandingkan dengan Adsense dan merubah seketika judulnya menjadi 7 Alasan Memilih Chitika.

Sekali lagi, 7 alasan berikut adalah murni pendapat pribadi. Alasan lain yang mengilhami saya membuat tulisan ini adalah karena di tahun 2012 ini, banyak sekali prefix [WTB] alias Want to Buy di forum-forum internet; yang menanyakan:

  • “Ada yang mau jual akun Chitika? PM ane ya.. Ane beli deh Akunnya”
  • “Bagi yang ingin menjual akun Chitika, ane lagi perlu 50 akun nih. Harga borongan ya? PM ya?”

Dan masih banyak yang lainnya. Koq tiba-tiba terjadi kejadian seperti itu? Ada beberapa alasan yang membuat Chitika menjadi idola “baru” (Chitika ini sebenarnya “barang lama”. Saya sendiri memiliki akunnya dari awal tahun 2009). Kalau istilah anak muda sekarang, kembali menggeluti Chitika bisa dibilang Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK). Prikitiiiew! πŸ˜›

PPC Chitika
Chitika, alternatif selain AdSense

7 Alasan Chitika Menjadi Idola

Berikut ini adalah 7 alasan mengapa Anda boleh melirik Chitika:

  1. Pembayaran untuk publisher MUDAH. Jika sudah terkumpul $10, Anda sudah bisa mentransfernya ke PayPal. Benar! Chitika memiliki opsi untuk PayPal dan Check (untuk cek, penghasilan yang diraih minimal $50).
  2. Chitika lebih loyal. Chitika “jarang” sekali mem-banned akun publishernya. Maksud “jarang” di sini adalah “tidak sesering” Adsense *ups, jadi nyenggol adsense deh πŸ˜†
  3. Format ukuran iklan lebih banyak variasi. Bahkan ada yang MEGA UNIT: 550 x 336.
  4. Iklan tanpa batas. Satu halaman boleh memasang banyak slot iklan, alias tidak dibatasi. (Ini harus bijaksana. Masa 1 halaman iklan semua? Bukan uang yang didapat, malah cacimaki yang diperoleh)
  5. Program Referral. Ada program referral-nya loh πŸ˜€
  6. Iklan Menarik. Biasanya, setiap teks iklan yang muncul disertai gambar.
  7. Bonus. Ini yang paling berbeda. Biasanya, untuk acara-acara tertentu, Chitika sering mengadakan promo seperti “untuk 3 hari ke depan, setiap klik yang terjadi di kali 2” dll.

Contoh Iklan Chitika

Mungkin tidak adil rasanya kalau saya tidak menyebut kekurangan Chitika. Kekurangan yang paling “telak” adalah Advertiser yang tidak sebanyak Adsense *doh! kesebut lagi ni Adsense :mrgreen: . Kemudian, harga per klik yang berbeda untuk tiap negara. Hasil Chitika lebih besar jika traffic Anda kebanyakan dari US atau Canada. Harga klik di luar kedua negara tersebut bisa dibilang “menyedihkan”.

Mensiasatinya, Anda jangan memasang Chitika di blog yang jelas-jelas pengunjung US atau Canada nya sedikit. Saya lebih suka mengkombinasikan Chitika dengan Amazon yang memang saya targetkan dari US dan Canada. Sehingga, saat mengoptimasi Amazon, Chitika juga ikut teroptimasi πŸ˜‰

Dari ke-7 Alasan di atas, saya paling suka yang nomor 1. Tidak perlu menunggu cek datang, jumlah minimum payout yang kecil danΒ  penggunaan PayPal sebagai salah satu opsi tercepat dalam pembayaran.

Nah, bagaimana dengan Anda? Mungkin Anda memiliki pendapat berbeda tentang Chitika? *ingat, bukan neng chika, tapi CHITIKA πŸ˜†