7 Tips Memotivasi Diri Agar Bisa Berhemat

www.ahyari.net – Orang cerdas paham bahwa berhemat merupakan cara terbaik mengunci masa depan agar lebih baik. Menghemat uang dapat membantumu mencapai kondisi finansial yang aman dan juga dapat menjadi backup dana ketika situasi keuangan semakin sulit. Namun di zaman yang semakin konsumtif seperti sekarang, rasa-rasanya lumayan sulit untuk berhemat. Pertama, karena banyaknya kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhi. Kedua, banyaknya sistem kredit yang membuat kita sulit untuk menabung. Ketiga, kondisi sosial yang sangat hedon membuat kita jadi terbawa arus. Nah untuk membantumu berhemat, kami akan membahas 7 tips memotivasi diri agar bisa berhemat berikut ini.

Tips Berhemat uang

  1. Buat Papan Visi
    Kamu membutuhkan motivasi untuk mulai membiasakan diri untuk berhemat. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memasang vision board atau papan visi. Papan visi merupakan papan yang berisikan gambar, tulisan, atau poster yang berisikan kalimat motivasi, target, data, it is yours, do whatever you like to it. Papan visi ini dapat mengingatkanmu untuk tetap berada di jalur yang benar sesuai target finansial yang kamu inginkan. Banyak psikolog yang sangat menyarankan untuk menempelkan papan visi ini untuk meningkatkan kualitas hidup.
  2. Tentukan Target Finansial yang Spesifik
    Selain itu agar kamu lebih termotivasi, sebaiknya kamu buat target finansial yang spesifik. Jangan gunakan kata-kata untuk mendeskripsikan target finansial yang ingin kamu capai. Kamu harus menggunakan angka dan tanggal yang spesifik. Misalnya kamu punya rencana menggelar resepsi pernikahan, maka tentukan target finansialnya, misalnya 100 juta rupiah, dan tentukan tanggal pastinya, misalnya 02 Juni 2018. Tak hanya itu, kamu ‘pun bisa menentukan target lain misalnya jumlah tagihan kredit yang ingin kamu bayar beserta tanggalnya.
  3. Gunakan Mantra Tertentu
    Kebiasaan mengeluarkan uang dalam jumlah banyak disebabkan karena tidak adanya kontrol dalam diri. Agar kamu terhindar dari yang namanya boros, maka gunakanlah kalimat positif layaknya mantra ketika ingin membelanjakan uang. Misalnya sebelum membeli smartphone baru, coba deh katakan pada diri sendiri “apakah lebih baik membeli smartphone atau nabung buat resepsi pernikahan?” atau “saya mesti keluar budget paling banyak 500 ribu karena saya mau keliling dunia”. Pokoknya gunakan kalimat-kalimat yang dapat memotivasimu untuk tidak berlaku boros.
  4. Cintai Dirimu Sendiri
    Mungkin ini terdengar agak puitis, namun percayalah ini sangat works untuk menghambat kebiasaan borosmu. Boros sangat identik dengan lifestyle modern, dimana seseorang dapat dengan mudah membeli smartphone seharga 15 juta rupiah karena orang lain juga memakai smartphone tersebut. Oleh karena itu, usahakan agar selalu selektif ketika mengeluarkan uang. Nah https://www.hadiah.me/blibli salah satu opsi agar kamu bisa berhemat yaitu dengan menemukan promo harbolnas Blibli. Iya betul sekali, dengan promo harbolnas Blibli voucher cashback, kamu bisa menghemat banyak sekali pengeluaran.
  5. Tentukan Target yang Lebih Kecil
    Salah satu penyebab mengapa seseorang gagal berhemat yaitu karena menentukan target yang terlalu tinggi. Saat target dirasa terlalu ‘mengawang-awang’, maka seseorang ‘pun menjadi kehilangan motivasi dan akhirnya menghentikan aktivitas menabung. Untuk menjaga motivasi agar tetap tinggi, sebaiknya tentukan target yang lebih kecil.
  6. Perbanyak Olahraga
    Beberapa penelitian yang menunjukan bahwa semakin banyak seseorang berolahraga maka semakin pintar ia dalam mengelola keuangan. Sebaliknya, jika jarang berolahraga, seseorang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk foya-foya. Selain memiliki insting berhemat yang lebih kuat, tentunya tubuhmu ‘pun menjadi lebih bugar dan fresh.
  7. Berkawanlah dengan Orang yang Tepat
    Jika kamu berkawan dengan orang yang boros, maka kamu ‘pun akan boros. Sebaliknya, jika kamu berkawan dengan orang yang sering berhemat, kamu ‘pun pasti terbawa menjadi orang yang suka berhemat. Jadi berkawanlah dengan orang yang suka berhemat ya! It’s so simple!

Nah, itulah 7 tips memotivasi diri agar bisa berhemat, bagaimana bisa dimulai kapan? Jika motivasimu sangat tinggi untuk berhemat, maka untuk mencapai target finansial tertentu sangatlah mudah. Jadi perbanyaklah memotivasi diri dan juga selalu berpikir dua kali ketika ingin membelanjakan uang.