Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Android pada Ponsel BlackBerry

Jika Anda mengikuti perkembangan dunia teknologi, tentu Anda tahu bahwa BlackBerry boleh dikatakan sebagai ponsel yang mengklaim dirinya sebagai ponsel pintar pertama di dunia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, klaim ini justru tidak memberikan efek yang positif dari segi industri karena penjualan ponsel BlackBerry semakin terpuruk dari waktu ke waktu. Produk ponsel yang dibuat oleh perusahaan Kanada, RIM ini rupanya kalah bersaing dengan hp android yang menawarkan harga yang semakin miring dengan aplikasi yang sangat beragam.

HP Android

Pada kenyataannya, faktor aplikasi boleh jadi menjadi kunci keberhasilan Android dan kemunduran BlackBerry. Ponsel BlackBerry memang menggunakan sistem operasi BlackBerry, tetapi dikabarkan bahwa ponsel dengan sistem operasi BlackBerry 10 nantinya bisa menjalankan aplikasi dan game Android yang mempunyai format APK. Langkah ini boleh jadi merupakan langkah untuk mendongkrak kembali penjualan BlackBerry yang semakin menyusut. Langkah ini boleh dikatakan sebagai jalan pintas yang diambil oleh perusahaan untuk menambah kekayaan aplikasi untuk ponsel yang selama ini masih minim inovasi dalam hal aplikasi jika dibandingkan dengan Android.

Setelah sebelumnya perusahaan RIM meluncurkan BlackBerry Messenger untuk sistem operasi lain termasuk Android dan iPhone, perusahaan mengharapkan bahwa penjualan ponsel BlackBerry akan semakin meningkat setelah kalah besar dari penjualan ponsel Android. Apa mau dikata karena BlackBerry sedang berada di masa sulit setelah batalnya penjualan perusahaan dan pergantian CEO.