Bagi Produsen, Ini Tujuan Penerapan Diskon Tahun Baru Imlek

www.ahyari.net – Akhir tahun ataupun awal tahun menjadi salah satu saat yang ditunggu oleh konsumen karena di kedua waktu tersebut biasanya akan ada diskon besar-besaran yang bisa dimanfaatkan untuk membeli beragam jenis barang yang Anda butuhkan. Diskon seperti saat Imlek bisa ditemukan tidak hanya di toko online namun juga toko offline. Diskon tahun baru Imlek yang diberikan oleh produsen tidak hanya produsen online ataupun offline, disebabkan karena tujuan berikut ini.

Diskon Tahun Baru Imlek

Pertama adalah mendapatkan pelanggan baru. Salah satu tujuan utama dari adanya diskon adalah untuk menarik pelanggan. Dengan adanya diskon tahun baru seperti di tahun baru Cina atau Imlek ini, bisa menarik pelanggan yang bahkan belum pernah berkunjung atau mencoba dan menggunakan produk menjadi tertarik untuk mencoba dan memiliki produk yang ditawarkan tersebut. Dengan kata lain adanya diskon atau potongan harga tersebut membuat konsumen lebih memiliki resiko yang rendah jika ternyata produk tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun jika sesuai dengan ekspektasi atau keinginan maka konsumen tersebut bisa mencobanya lagi dan lagi.

Kedua adalah dengan mendapatkan konsumen yang setia. Jika Anda sudah menemukan konsumen baru, Anda harus mencoba untuk membuat agar konsumen tersebut tetap menggunakan produk yang Ana jual tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan diskon tahun baru Imlek. Adanya potongan harga tersebut serta pelayanan yang baik dan ramah, membuat konsumen lama enggan untuk meninggalkan produk Anda.

Cara lain bisa Anda lakukan dengan menggunakan diskon tambahan. Adanya diskon tambahan tersebut bisa dikirimkan langsung ke konsumen lewat newsletter karena pelanggan tersebut berlangganan atau menjadi subscriber atau menggunakan pesan singkat yang dikirimkan ke nomor pelanggan. Dengan cara tersebut secara perlahan secara tidak langsung bisa mengikat konsumen tersebut menjadi konsumen yang setia. Selain menjadi subscriber bisa juga menggunakan kartu anggota yang menunjukkan konsumen tersebut menjadi anggota dari tempat jual beli tersebut sehingga bisa mendapatkan potongan harga tambahan.

Ketiga adalah meningkatkan penjualan. Dengan adanya diskon seperti di saat Imlek membuat penjualan produk yang sebelumnya menurun bisa kembali naik sedikit demi sedikit kemudian stabil kembali. Selain memberikan potongan harga dalam besar yang cukup tinggi untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa juga memberikan potongan harga lewat pemaketan produk misalnya produk A dan B yang digabung sehingga harganya lebih murah dibandingkan harus membeli produk yang terpisah dengan harga normal.

Keempat adalah dengan menghabiskan stok lama. Tidak jarang produsen memberikan potongan harga seperti saat Imlek dengan tujuan agar stok lama bisa terjual dengan lebih cepat namun Anda sebagai produsen tetap bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang Anda perhitungkan. Penghabisan stok lama ini juga berfungsi untuk memberikan ruang yang akan dipergunakan untuk menyimpan produk yang baru sehingga Anda juga bisa bersaing dengan pesaing Anda dalam menjual produk yang baru tidak hanya untuk meningkatkan performa produk namun juga mendapatkan laba.

Dengan tujuan tersebut, sebelum Anda menetapkan diskon tahun baru Imlek, pertimbangkan terlebih dahulu misalnya mengenai keuntungan yang akan Anda dapat. Jangan sampai Anda menentukan besar diskon yang terlalu tinggi namun justru bisa membuat Anda merugi atau diskon yang terlalu rendah yang membuat pembeli akhirnya memutuskan untuk membeli di tempat lain yang menjual produk yang sama namun memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tempat Anda.