Bagian Dari Sistem Pendingin Genset

www.ahyari.net – Genset atau generator set adala mesin yang terdiri dari pembangkit listrik atau generator denagn penggerak yang disusun menjadi satu dan menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu. Genset terdiri dari 3 komponen besar yaitu :

  1. System pendingin
  2. System bahan bakar
  3. Sistem pelumas

Pada artikel ini kita akan membahas tentang system pendingin genset dan pemeliharaannya. Kenapa perlu system pendingin? Energy yang terkandung dalam bahan bakar genset diberikan kepada mesin dan diubah menjadi energy mekanik. Tidak semua diubah menjadi energy mekanik ada yang berubah menjadi panas. Panas yang berasal dari energy sisa itu akan diserap oleh bahan pendignin yang ada pada dinding tabung silinder.

Ilustrasi Sistem Pendingin Genset
Ilustrasi Sistem Pendingin Genset (Image by dieselserviceandsupply.com)

Apa saja si bagian dari system pendingin di genset, mari kita bahas:

  1. Water pump
    Water pum terdiri dari impeller dengan kipas yang berbentuk kurva. Kalau impeller berputar maka balik-balik kurva akan mengalirkan air keluar dari water pump.
  1. Oil Cooler
    Setelah keluar dari water pump, cairan pendngin akan mengalir ke oil cooler. Oile cooler ini terdiri dari tabung dalam rumahnya. Oil cooler membuang panas dari oli pelumas sehingga konsentrasi oli tetap bagus
  1. After Cooler
    Setelah melalui oil cooler cairan pendingin akan mengalir ke after cooler ini. Adter cooler membuang panas dari udah yang masuk. Bentuk after cooler ini seperti radiator dengan tabung dan sirip. Udara panas akan ditekan oleh turbod an melewati sirip dan memindahkan panas ke air di dalam tabung.
  1. Water Jacket
    Setelah melalu after cooler, air akan mengalir ke engine block dan sekitar cylinder liner. Nah rongga-rongga itu lah yang disebut dengan water jacket.
  1. Cylinder Head
    Air-air dari engine block akan menuju cylinder head dan mengambil panas dari valve guide dan valve seat.
  1. Rumah regulator
    Air selanjutnya akan menuju ke regulator housing dan pengatur suhu sudah dipasang di rumah regulator ini.
  1. Pengatur Suhu
    Pengatur suhuh ini bekerja untuk menjaga suhu kerja engine.

Sistem pendingin ini harus tetap dalam kondisi baik agar kinerja genset anda tidak menurun. Anda harus melakukan perawatan dan service genset secara rutin untuk menjaga genset anda. Perawatan genset harus dilakukan oleh penyedia jasa service genset 24 jam karena tidak semua orang bisa memperbaiki bagian system pendingin ini.