Bagian Dari Sistem Pendingin Genset

Ahyari.Net –Β Genset atau generator set adala mesin yang terdiri dari pembangkit listrik atau generator denagn penggerak yang disusun menjadi satu dan menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu. Genset terdiri dari 3 komponen besar yaitu :

  1. System pendingin
  2. System bahan bakar
  3. Sistem pelumas

Pada artikel ini kita akan membahas tentang system pendingin genset dan pemeliharaannya. Kenapa perlu system pendingin? Energy yang terkandung dalam bahan bakar genset diberikan kepada mesin dan diubah menjadi energy mekanik. Tidak semua diubah menjadi energy mekanik ada yang berubah menjadi panas. Panas yang berasal dari energy sisa itu akan diserap oleh bahan pendignin yang ada pada dinding tabung silinder.

Apa saja si bagian dari system pendingin di genset, mari kita bahas:

  1. Water pump
    Water pum terdiri dari impeller dengan kipas yang berbentuk kurva. Kalau impeller berputar maka balik-balik kurva akan mengalirkan air keluar dari water pump.
  1. Oil Cooler
    Setelah keluar dari water pump, cairan pendngin akan mengalir ke oil cooler. Oile cooler ini terdiri dari tabung dalam rumahnya. Oil cooler membuang panas dari oli pelumas sehingga konsentrasi oli tetap bagus
  1. After Cooler
    Setelah melalui oil cooler cairan pendingin akan mengalir ke after cooler ini. Adter cooler membuang panas dari udah yang masuk. Bentuk after cooler ini seperti radiator dengan tabung dan sirip. Udara panas akan ditekan oleh turbod an melewati sirip dan memindahkan panas ke air di dalam tabung.
  1. Water Jacket
    Setelah melalu after cooler, air akan mengalir ke engine block dan sekitar cylinder liner. Nah rongga-rongga itu lah yang disebut dengan water jacket.
  1. Cylinder Head
    Air-air dari engine block akan menuju cylinder head dan mengambil panas dari valve guide dan valve seat.
  1. Rumah regulator
    Air selanjutnya akan menuju ke regulator housing dan pengatur suhu sudah dipasang di rumah regulator ini.
  1. Pengatur Suhu
    Pengatur suhuh ini bekerja untuk menjaga suhu kerja engine.

Sistem pendingin ini harus tetap dalam kondisi baik agar kinerja genset anda tidak menurun. Anda harus melakukan perawatan dan service genset secara rutin untuk menjaga genset anda. Perawatan genset harus dilakukan oleh penyedia jasa service genset 24 jam karena tidak semua orang bisa memperbaiki bagian system pendingin ini.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!