Bagian Penting dari Mobil yang Perlu Dicek Sebelum Bepergian Jarak Jauh

www.ahyari.net – Mobil merupakan sarana transportasi yang sangat pas digunakan untuk menempuh jarak jauh via perjalanan darat. Pemilihan mobil yang akan digunakanpun bisa disesuaikan dengan jumlah penumpang. Meski begitu, untuk menempuh jarak jauh terutama yang melewati pedesaan atau kawasan tak berpenghuni, Anda perlu mempersiapkan mobil dengan lebih ekstra. Ditakutkan mobil mengalami kendala saat Anda berada di luar jangkauan service mobile yang mengakibatkan jadwal Anda terganggu.

Cek Bagian Penting Ini Saat Bepergian Jauh dengan Mobil

Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda sebaiknya melakukan service terlebih dahulu sebelum mobil digunakan bepergian apalagi untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Ada beberapa komponen vital yang akan menyebabkan gangguan pada mobil jika mengalami kendala. Berikut ini adalah komponen yang sebaiknya Anda masukkan dalam list service sebelum berangkat ke luar kota:

  1. Ban.
    Ban merupakan roda yang langsung berhubungan dengan jalan raya. Kondisi ban yang baik dalam hal isian udaranya hingga ketebalannya akan sangat berhubungan dengan keamanan Anda berkendara. Ban yang terlalu kempis bisa mengakibatkan kemudi menjadi lebih berat bahkan mengalami pecah ban. Begitu juga dengan ban yang terlalu penuh. Ketebalan ban juga perlu diperhatikan untuk menjaga mobil agar tidak mudah slip. Selain itu cek juga ban cadangan agar selalu dalam kondisi siap pakai.
  2. Electrikal.
    Sistem elektrical juga sangat penting mengingat kemungkinan Anda akan berkendara dalam waktu yang lama. Cara mengecek elektrikal yang bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan melakukan percobaan terhadap semua fitur termasuk lampu, AC, music player dan perangkat lainnya. periksa kondisi aki apakah masih memiliki daya charge yang mencukupi untuk melakukan perjalanan panjang. Kondisi aki tertentu memerlukan recharge setiap beberapa kali pemakaian sehingga harus Anda waspadai sebelumnya.
  3. Radiator.
    Perjalanan panjang akan mengakibatkan mesin bekerja terus menerus sehingga bisa saja mengalami overheat jika kondisi radiator tidak berfungsi dengan baik. Anda harus memeriksa kondisi tersebut termasuk cairan pada radiator. Cairan yang kosong ketika mesin panas akan mengakibatkan mesin ngadat atau mati ditengah perjalanan. Selain cairannya, sistem saluran radiator juga perlu dibersihkan agar bisa mendinginkan mesin dengan sempurna.
  4. Rem.
    Rem merupakan point penting untuk menjaga keselamatan Anda. periksa kampas rem dan sistem pengereman agar memastikan rem mobil Anda berfungsi dengan maksimal.

Beberapa komponen di atas wajib diperiksa ketika Anda akan menggunakan mobil untuk keperluan jarak jauh. Jangan lupa untuk mengganti cairan pelumas secara berkala saat masa pakainya telah habis untuk kondisi mesin yang selalu prima. Lakukan service di bengkel resmi untuk mendapatkan layanan lengkap dan berkualitas. Jika diperlukan pergantian spare part, gantilah dengan spare part asli sesuai dengan merk mobil Anda agar sesuai dengan spare part lain yang berhubungan secara langsung.