Begini Cara Memilih Printer Terbaru untuk Keperluan Sehari-hari

Jika dulu fungsi printer adalah sebagai mesin pencetak dokumen, kini penggunaan perangkat tersebut semakin luas. Banyak fitur baru yang ditawarkan mulai dari mencetak foto, scan, copy, bahkan telepon. Semakin banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin cetak tersebut, maka harganya bertambah tinggi. Karena itu saat memilih printer terbaru sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Memang membeli printer dengan fitur lengkap akan lebih menguntungkan karena tidak memerlukan perangkat tambahan lain. Namun jika tidak sering dipakai, kemungkinan untuk rusak cukup besar. Sebab itulah, sebaiknya beli yang sesuai keperluan terutama bagi calon pembeli yang berbudget minimalis.

4 Tips Membeli Printer Terbaru Sesuai Kebutuhan

printer bhinneka

Saat ini ada beragam jenis printer yang dijual di pasaran. Tidak hanya desain luarnya saja yang bervariasi, fitur yang ditanamkan didalam perangkat tersebut pun tidak sama. Pembeli tentu dihadapkan dengan beberapa merek yang cukup popular. Namun pemilihan printer terbaru harus sesuai dengan kebutuhan baik untuk keperluan kerja atau aktivitas sehari-hari. Tidak dipungkiri, budget menjadi faktor utama sebagai penentu agar bisa memilih produk yang pas. Adapun tips memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan adalah:

  1. Fungsi pencetak dokumen atau foto
    Printer yang digunakan untuk mencetak foto memiliki spesifikasi tinta khusus yang disebut inkjet. Dengan menggunakan tinta ini, maka hasil cetakan memiliki kualitas yang bagus serta gradasi warna yang halus. Bentuk printer untuk foto lebih ramping dengan harga yang lebih tinggi. Sedangkan jika kebutuhannya untuk mencetak dokumen saja, printer jenis laser menjadi pilihan yang tepat. Harganya lebih rendah dan juga irit tinta.
  2. Fungsi tunggal atau all in one
    Banyak pembeli yang terjebak dengan membeli produk dengan fungsi lengkap padahal kualitasnya belum tentu bagus. Memang membeli printer untuk scan, copy, fax, dan lain-lain terlihat lebih ringkas, namun kadang hasilnya tidak maksimal dan banyak keterbatasan. Terlebih jika jarang dipakai, akan cepat rusak. Karena itu ketahui jenis pinter yang sesuai dengan keperluan. Untuk kebutuhan kantor, printer all in one menjadi pilihan yang tepat. Namun jika untuk rumahan, sebaiknya pilih perangkat yang untuk mencetak dokumen atau foto saja. Selain harganya lebih rendah, juga lebih awet karena sering dipakai.
  3. Jenis cartridge dan biaya operasional
    Seiring dengan perkembangan zaman, jenis tinta untuk printer saat ini mulai beragam. Agar hasil cetakannya maksimal, wadah tinta pun dipisah sesuai dengan warna. Tipe ini paling laris di pasaran karena biaya pengoperasiannya cukup mudah. Jika ada satu tinta yang habis, printer masih bisa bekerja. Tapi untuk cetak foto, tinta cartridge lebih diunggulkan karena warnanya lebih hidup. Akan tetapi operasionalnya lebih mahal dan jika ada satu tinta yang habis harus dilakukan pengisian semuanya. Saat ini printer terbaru sudah menggunakan kombinasi kedua jenis tinta tersebut, calon pembeli akan mendapatkan biaya operasional yang murah dengan hasil yang maksimal. Persiapkan budget yang besar jika ingin memiliki produk ini.
  4. Jenis tinta
    Jenis tinta yang digunakan untuk mencetak gambar adalah tinta warna. Hasil yang diberikan sangat maksimal, detail. dan memberi efek glossy. Kelemahan yang dimiliki oleh tinta warna adalah prosesnya yang lama selain itu tidak tahan air. Berbeda halnya dengan printer terbaru yang khusus mencetak dokumen, tinta yang dipakai adalah tinta pigmen. Dokumen tercetak dengan sangat jelas dan tidak mudah luntur. Sayangnya, tinta pigmen memiliki keterbatasan warna. Apabila membutuhkan tinta yang bisa dipakai untuk mencetak dokumen dan foto, maka tinta hybrid menjadi pilihan yang tepat. Selain mendapatkan foto yang bagus, dokumen pun dicetak dengan warna yang pekat. Jenis printer dengan tinta hybrid paling banyak ditemui di pasaran saat ini.

Calon pembeli yang ingin mengetahui daftar harga printer terbaru, tidak perlu repot mengunjungi satu persatu toko, masuk saja ke Bhinneka.com. Marketplace terbaik saat ini memberikan penawaran produk lengkap dengan rentang harga yang lebar. Calon pembeli bisa berbelanja dengan nyaman dan memanfaatkan fitur yang tersedia. Proses pengiriman barang cukup cepat dan dijamin akan sampai di rumah tepat waktu.