Pentingnya Belajar Optimasi Website dengan Guru SEO

Pertama kali kenal dan bertemu dengan Wahyu Blahe, pada saat saya kebetulan berkunjung ke Medan ketika ada acara “smart income through affiliate marketing” untuk para blogger di Medan, kalau nggak salah akhir Maret 2016.

Jimmy Ahyari bersama Blogger Medan

Sebelumnya, saya belum begitu mengenal dirinya lebih dekat, karena pertemuan yang singkat (sampai di Medan jam 4 sore, besok pagi jam 7 sudah balik ke Bandara lagi) Apa ga numpang mandi doang saya di Medan? xixixi… Pertemanan semakin akrab itu di Facebook, saling komen dan like postingan, dan jadi paham ternyata dirinya juga seorang blogger yang senang mengoptimasi websitenya, hingga dijuluki seorang Guru SEO. Meskipun di websitenya tidak banyak informasi mengenai SEO, namun baginya, teknik SEO merupakan hal penting yang wajib ada dalam perawatan websitenya.

Wahyu Blahe on AhyariNet

Saya coba lihat website miliknya yang baru, lalu mengeceknya di google yakni dengan cara site:wahyublahe.id terdapat baru 59 hasil yang terindex pada halaman websitenya. Dan melihat alexa rank nya : Global Rank 14,087,334 dan Rank in Indonesia 171,417. Daily Pageviews per Visitor 5.00. Daily Time on Site 6:16. Termasuk keren juga, blog baru buat satu bulan sudah bisa memunculkan alexa rank yang ramping dan visitor yang betah di websitenya. Padahal postingan blognya belum banyak.

Cache Wahyu Blahe

Dengan Google cached, saya pantau progres pengoptimasian websitenya. Sangat rapi, dan itulah yang dibaca oleh Google mulai dari header dan sub-heading. Masing-masing page yang ada dioptimasi dengan kata kunci bidikannya. Sehingga, link juice dari homepage terbagi merata ke masing-masing page.

Domain Authority : 13, Page Authority : 16 dengan umur blog baru sebulan di bulan Agustus 2018 ini. Dengan optimasi offpage beberapa backlink dari forum, profile, dan web 2.0. Setidaknya itu salah satu cara optimasi yang dilakukan di website pribadinya. Singkat cerita, tulisan ini dibuat terinspirasi dari hasil pantauan saya terhadap website kawan kita Blahe ini, yang semoga kedepannya dirinya bisa menjadi seorang Pakar SEO yang baik. Dan saya juga ingin menjadi orang yang baik dengan cara menjelaskan beberapa langkah untuk optimasi domain authority dan page authority untuk memaksimalkan website/blog kawan-kawan yang membaca tulisan ini.

Domain authority adalah sebuah website yang menjadi acuan atau tolak ukur yang memberikan peringkat terhadap website yang Anda miliki. Pada domain authority ini website Anda akan diberikan peringkat antara 1-100. Semakin besar angka yang diberikan berarti website Anda ada di peringkat atas pada mesin pencarian. Namun sayangnya banyak pengguna yang belum mengetahui tentang domain authority dan cara optimasinya. Oleh karena itu, dibawah ini ada langkah-langkah untuk optimasi domain authority, pastinya website akan ramai oleh pengunjung.

  1. Membuat Nama Domain Yang Tepat Dan Mudah Diingat
    Hal pertama kali yang dilakukan adalah membuat nama domain untuk website. Nama domain website harus sesuai dengan tema dan isi dari website. Selain itu, nama domain haruslah mudah untuk diingat. Hindari penggunaan nama domain yang berlebihan dan aneh karena pengunjung merasa tidak nyaman dengan hal itu. Untuk nama domain pribadi, sangat dianjurkan bagi Anda yang coba memulai membuat suatu tulisan, seperti weblog saya: ahyari.net, yang mana bisa menggunakan nama domain sesuai nama pribadi.
  1. Membuat Konten Website Yang Berkualitas
    Setelah membuat nama domain yang sesuai, langkah selanjutnya yaitu membuat konten yang berkualitas. Usahakan membuat konten yang satu tema dan bermanfaat bagi pengunjung website. Konten website yang berkualitas akan mendatangkan banyak pengunjung. Selain itu, juga perlu membuat jadwal untuk menulis di website. Rajin membuat tulisan yang bermanfaat juga bisa mendatangkan banyak pengunjung di website.
  1. Promosikan Website Melalui Media Sosial
    Di era teknologi seperti ini, media sosial merupakan tempat yang cocok sebagai media promosi. Promosi adalah suatu hal yang penting untuk optimasi website. Anda bisa menyalin link website yang Anda miliki pada media sosial. Orang yang tertarik dengan tulisan atau website Anda akan mengklik link tersebut dan membaca tulisan Anda. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan pengunjung pada website Anda.
  1. Promosikan Website Melalui Forum Diskusi Offline
    Promosi tidak hanya bisa dilakukan secara online yaitu melalui media sosial. Promosi juga bisa dilakukan dengan cara offline, contohnya seperti membuat forum diskusi. Anda bisa membuat forum diskusi yang berhubungan dengan tema website Anda. Setelah selesai berdiskusi dalam forum tersebut, alihkan peserta diskusi untuk menuju website Anda. Cara ini juga cukup ampuh untuk meningkatkan pengunjung website.
  1. Menghapus Link Yang Mengarah Pada Website Yang Tidak Baik
    Biasanya dalam tulisan pada website Anda terdapat komentar-komentar yang berupa link menuju website yang tidak baik. Link yang tidak baik ini bisa membuat website buruk di mata google. Pengunjung yang membaca tulisan Anda juga pasti tidak nyaman jika melihat ada komentar link yang tidak baik. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika terus mengontrol website Anda. Apabila ada link seperti itu, maka harus gerak cepat untuk menghapusnya.
  1. Meningkatkan Kecepatan Halaman Website
    Kecepatan untuk membuka website juga sangat penting. Terlalu lama membuka website akan membuat pengguna malas. Dan tidak perlu menambahkan widget yang berlebihan pada website, karena itu bisa menyebabkan website lama untuk dibuka. Anda bisa membuat tampilan website yang simple namun terlihat keren.
  1. Optimasi Penggunaan Website Pada Perangkat Mobile
    Di zaman yang serba menggunakan teknologi ini, perangkat mobile merupakan yang paling banyak dipilih oleh pengguna. Apabila website yang Anda miliki belum ada optimasi pada perangkat mobile, maka sebaiknya Anda harus cepat melakukannya. Akses lewat perangkat mobile sangat mudah dan cepat bagi pengguna. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila konten dan tampilan website Anda sudah menarik namun belum ada optimasi pada perangkat mobile.

Selesai tentang Domain autority, sekarang berlanjut pada Page Authority (PA) atau dikenal dengan otoritas halaman adalah sebuah nilai seberapa tenar atau terkenalnya halaman pada blog atau website Anda. Page Authority merupakan bagian dari teknik SEO yang memiliki fungsi agar sebuah situs ditemukan di sebuah algoritma mesin pencari dan berkesempatan memperoleh peringkat tinggi disebuah pencarian di searchengine, baik itu Google, Yahoo, maupun Bing. Bagi seorang Blogger atau pemilik website, PA di situs yang mereka kelola merupakan suatu keharusan yang dimiliki. Sebab, jika tidak maka situs mereka akan sepi pengunjung. Oleh sebab itu umumnya kebanyakan blogger ataupun pemilik website lainnya berlomba-lomba meningkatkan Page Authority di situs yang mereka kelola. Agar dapat bersaing menghadapi algoritma mesin pencari yang terus berubah-ubah, namun apa itu page authority dan cara optimasinya? berikut penjelasannya.

  1. Content Asli
    Algoritma hummingbird pada umumnya melakukan crawl di sebuah situs di internet tidak hanya sebuah kata kunci yang ditanam di website. Namun lebih cenderung kepada kesegaran sebuah content di situs tersebut dan juga memberikan peringkat berdasarkan relevansinya oleh pengguna Internet. Oleh karena itu untuk meningkatkan PA di situs Anda usahakan bahwa content yang diupdate merupakan content asli dan bukan duplicate content apalagi spinning content. Content harus bersifat: relevan, rinci juga memliiki manfaat kepada pengguna internet baru dan menarik; sering diperbarui dan memiliki kualitas tinggi.
  1. Baclink
    Untuk memperoleh baclink tidaklah mudah, karena Anda tidak boleh meninggalkan spam di sebuah situs lain juga yang mengarahkan ke situs Anda haruslah relevan dengan tema yang Anda miliki. Sebab hal ini merupakan suatu keharusan yang harus dipahami oleh semua pemilik website untuk menghadapi algoritma hummingbird ini. Oleh karena itu jika ingin memperoleh baclink dari situs lain untuk meningkatkan PA disitus yang Anda kelola. Maka ada baiknya Anda tidak meninggalkan spam yang berlebihan disitus orang lain agar tidak penalty oleh algoritma mesin pencari.
  1. Tittle And Alt Teks Image
    Content tidaklah satu-satunya SEO yang harus dimiliki, namun gambar atau image pada sebuah situs juga merupakan bagian teknik dari sebuah SEO yang dapat juga meningkatkan PA. Caranya mudah dengan menambahkan Tittle dan Alt teks pada gambar di disitus yang Anda kelola agar memudahkan pengguna Internet melakukan pencarian lewat gambar yang mereka cari di Internet.
  1. Memperbanyak Jumlah Artikel Yang Berkualitas
    Untuk menaikkan PA maka sebuah artikel hendaknya berkualitas, yang dapat memberikan manfaat lebih kepada pengguna internet, sekaligus menciptakan gaya bahasa baru yang menjadikan ciri khas dari blog Anda agar pengunjung akan tetap setia dan ketagihan dengan materi-materi yang Anda berikan .
  1. Memperhatikan Keyword Density
    Untuk meningkatkan PA maka Anda harus memperhatikan keyword density, yaitu presentase pengulangan kemunculan kepadatan kata kunci. Jika keyword density 0% maka mengakibatkan blog tidak relevan di mata mesin pencari, karena kurangnya keyword density. kalaupun lebih tinggi mencapai 50% maka mesin pencari akan menganggap blog Anda adalah blog spam. Lebih baik keyword densitynya hanya mencapai tidak lebih dari 5%.
  1. Jangan Melakukan Keyword Stuffing
    Keyword stuffing adalah tindakan memanipulasi rangking website di hasil pencarian google dengan cara menggunakan keyword yang ditargetkan secara berlebihan dengan cara yang tidak wajar di halaman website. Jangan melakukan keyword stuffing karena akan berakibat buruk untuk blog Anda jika digunakan.
  1. Share Ke Media Sosial
    Pentingnya page authority dan cara optimasinya dapat dilakukan dengan membagikan ke media sosial. Untuk meningkatkan PA maka Anda dapat menshare ke lingkungan Anda baik itu keluarga, teman-teman maupun ke media sosial Anda.

Dari paparan yang dijelaskan tentang domain authority dan page authority tersebut, semoga kawan-kawan bisa mencari lebih dalam lagi informasi tentang DA PA di search engine, tentunya agar bisa lebih mahir lagi. Dan terimakasih juga untuk kawan saya Wahyu Blahe, sehingga postingan tentang optimasi SEO muncul lagi di website saya ini.