Berniat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan? Ketahui Dulu 3 Jenis KTA yang Ada di Indonesia

Saat ini, kredit tanpa agunan atau KTA tentu saja sudah bukan satu hal yang aneh lagi. Ada banyak sekali bank yang menyediakan fasilitas untuk nasabahnya mengajukan kredit. Termasuk juga, kredit tanpa agunan atau pinjaman online ini. Menariknya, tak banyak yang tahu bahwa ada banyak sekali jenis kredit tanpa agunan yang disediakan oleh bank. Setidaknya, ada 3 jenis yang paling dikenal dan paling sering ditawarkan oleh bank pada para nasabahnya.

Sebelum Anda mengajukan kredit tanpa agunan pada bank yang dipilih, tak ada salahnya memang untuk mulai mencari tahu mengenai jenis KTA apa saja yang disediakan oleh bank. Masing-masing bank memang biasanya memberikan jenis KTA berbeda, meski ada beberapa  kredit tanpa agunan yang pasti ada di seluruh bank. Di bawah ini misalnya, terdapat 3 jenis kredit tanpa agunan berbeda yang bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis bank yang ada. Masing-masing jenis kredit ini memiliki satu kesamaan yang pasti, tak memerlukan agunan.

Jenis KTA yang Ada di Indonesia

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan 3 jenis kredit tanpa agunan yang bisa didapatkan di berbagai bank.

  1. KTA Reguler
    Kredit tanpa agunan reguler merupakan kredit tanpa agunan dasar dan biasa yang banyak diberikan oleh bank. Nyaris semua bank, baik itu swasta maupun negeri memberikan kredit tanpa agunan ini. Satu hal lagi, kredit tanpa agunan ini diberikan oleh bank untuk semua nasabah yang ada di bank tersebut. Semua nasabah pun mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengajukan permintaan pinjaman untuk jenis KTA Reguler ini.

    Untuk jenis KTA reguler ini, bila Anda merupakan nasabah di salah satu bank, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengajukan permintaan pinjaman kredit tanpa agunan tersebut. Tentunya dengan persyaratan yang diberikan oleh bank untuk KTA reguler ini sendiri. Jenis kredit ini bergantung sepenuhnya pada kebijakan dari bank untuk besarnya plafon hingga keputusan untuk disetujui atau tidak. Serta tentu saja untuk besarnya bunga pun akan berbeda-beda dari satu bank dengan bank yang lain. KTA reguler ini merupakan jenis KTA yang paling banyak diajukan juga.

  2. KTA Perusahaan
    Seringnya, orang salah mengerti untuk perbedaan antara kredit tanpa agunan perusahaan atau KTA Payroll ini dengan KTA Reguler. Kedua jenis KTA ini memang nyaris sama, meski terdapat perbedaan besar antara keduanya. Bila KTA reguler merupakan KTA yang diberikan pada nasabah sebuah bank, maka kredit tanpa agunan payroll merupakan kredit yang bekerja sama dengan bank. Lebih tepatnya, perusahaan yang mengeluarkan KTA ini bekerja sama dengan sebuah perusahaan.

    Jadi katakan saja Anda bukan nasabah dari bank yang bekerja sama dengan perusahaan pemberi kredit tanpa agunan payroll, Anda tetap dapat mengajukan pinjaman untuk kredit. Kredit tanpa agunan dari perusahaan ini pun biasanya besarnya plafon kredit tidak sebesar kredit tanpa agunan reguler.

    Selain perbedaan dari nasabah, kredit tanpa agunan payroll juga dibayarkan dengan cara pemotongan gaji langsung setiap bulannya. Kerap kali, bank pun akan menerima permintaan kredit meski Anda tidak memiliki kartu kredit misalnya untuk jenis KTA Payroll ini.

  3. KTA Promosi
    Terakhir dan juga jenis kredit tanpa agunan yang paling harus Anda hati-hati dalam pengajuan nantinya. KTA Promosi merupakan jenis kredit tanpa agunan yang biasanya dipromosikan di banyak tempat. Entah itu di pusat perbelanjaan atau dipromosikan ketika Anda mengajukan kartu kredit. Jenis kredit tanpa agunan ini sama seperti reguler, yakni Anda biasanya wajib menjadi nasabah di bank tersebut. Selain itu Anda juga wajib memiliki kartu kredit. Kedua hal tersebut diwajibkan karena untuk kredit tanpa agunan biasanya prosesnya cepat. Bahkan ada beberapa bank yang memastikan proses kredit tanpa agunan promosi ini hingga pencairan hanya beberapa jam saja.

    Nasabah pun cukup menyerahkan data diri mereka secara online atau secara langsung di booth promosi bank yang bersangkutan. Biasanya dengan menyerahkan data diri, informasi kartu kredit, serta dokumen pernyataan profesi pekerjaan. Setelah itu kredit akan langsung diproses dan survey hanya dilakukan melalui telepon. Cepat dan mudah.

    Namun kredit tanpa agunan promosi ini biasanya besaran plafon kreditnya sedikit dibandingkan dengan 2 jenis kredit tanpa agunan yang lain. Dari 3 jenis KTA di atas, Anda tentunya bisa langsung menyesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda sendiri.