Cara Membayar Zakat Profesi dan Menghitungnya yang Tepat

Menghitung Cara Membayar Zakat Profesi

Profesi merupakan suatu pekerjaan masyarakat yang mempunyai gaji atau penghasilan yang dihasilkan setiap bulannya. Profesi tersebut dapat untuk mempunyai gaji yang besar atau juga yang kecil tergantung dari jenis pekerjaan yang dipunyai oleh seseorang. Dimana ketika mempunyai sebuah profesi dan penghasilan ini, ada zakat mal atas dasar harta yang dipunyai yaitu dari segi profesi selain dengan zakat pertanian, zakat emas, dan juga zakat hewan ternak. Bagi Anda yang akan membayar zakat profesi dan ingin mengetahui berapa besaran yang harus dibayarkan ini ada beberapaΒ cara membayar zakat profesiΒ seperti:

  1. Menghitung besaran zakat profesi
    Membayar zakat profesi yang pertama adalah dari mengetahui besaran yang harus dibayarkan oleh seseorang apabila ingin berzakat tersebut. Hal ini mempunyai beberapa jenis yang ada yaitu bagi profesi dengan penghasilan yang wajib membayarkan zakat dan ada juga profesi dengan hasil gaji yang tidak perlu untuk mengeluarkan zakat tersebut. Dimana untuk besaran zakat penghasilan yang harus dikeluarkan adalah 2,5 persen dari besaran penghasilan yang gaji bersih yang diterima setiap bulannya adalah sekitar 3 juta rupiah. Bagi Anda yang mempunyai gaji lebih dari 3 juta bersihnya perbulan maka Anda bisa untuk membayarkan zakat profesi ini. Tetapi bagi profesi dengan gaji kurang 3 juta perbulan untuk gaji bersihnya maka tidak perlu untuk mengeluarkan zakat profesi ini.
  2. Cara menghitung zakat profesi
    Untuk cara selanjutnya ketika akan membayar zakat profesi ini adalah dengan menghitung yang tepat. Dimana ada 3 cara untuk dapat mengetahui dan menghitung zakat ini adalah dari:
  • Pertama adalah dari zakat profesi yang dibayarkan dengan qias yang dibayarkan dengan uang sepenuhnya.
  • Kedua merupakan zakat profesi yang qiasnya dengan menggunakan hasil tani sepenuhnya.
  • Dan terakhir yang dibayarkan dengan qias yang mirip dengan uang atau hasil tani.
  1. Bisa dilakukan setahun atau perbulan
    Cara membayar selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan bisa membayar sebulan atau dengan perbulan. Bagi Anda yang telah memenuhi syarat dengan penghasilannya lebih dari 3 juta rupiah perbulan untuk penghasilannya bersihnya akan mempunyai kesempatan untuk membayar zakat tersebut perbulan atau pertahun. Tergantung dari keinginannya dan tidak memberatkan untuk membayarnya.

Beberapa hal diatas merupakan beberapa cara untuk dapat membayar zakat profesi yang didapatkan. Dengan mengikuti langkah tersebut, Anda dapat untuk membayarkan zakat profesi yang bisa untuk dipenuhi dengan banyak keuntungan yang akan diberikan. Dari membersihkan harta yang dihasilkan, dari menyamaratakan perputaran uang sehingga bisa untuk membantu orang yang tidak mampu, dan juga dapat untuk banyak hikmat baik lainnya. Terutama untuk melatih diri sendiri agar tidak sayang kepada harta dan duniawi dengan mau berbagi.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!