Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Cara Membuat Bakwan

Ada sebagian besar orang yang sama sekali tidak pernah mengetahui resep bakwan goreng sekalipun mereka sering menyantapnya. Seperti yang kita ketahui, bakwan merupakan salah satu jenis gorengan yang biasa kita jumpai di pedagang-pedagang gorengan kaki lima. Meskipun banyak yang pernah mencoba jenis camilan yang satu ini namun ada beberapa dari mereka yang belum pernah mencoba membuatnya sendiri. Oleh karena itu disini saya akan mengajak anda untuk mencoba membuat bakwan sendiri di rumah.

resep bakwan tahu goreng

Bakwan yang banyak dijual di pedagang pada umumnya merupakan bakwan sayur yang terbuat dari gabungan wortel dan kubis. Jika anda membuatnya sendiri di rumah anda bisa menambahkan bahan lainnya yang lebih istimewa pada bakwan tersebut. Salah satunya adalah dengan menambahkan udang yang pastinya membuat rasa dari bakwan yang anda buat lebih enak dan lezat. Agar tidak berlama-lama mari kita langsung saja masuk ke proses pembuatan.

Bahan-bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat bakwan ini terdiri dari tepung terigu, wortel, kubis dan udang tentunya. Pertama buat adonan dalam wadah yang terdiri dari gabungan tepung terigu, wortel dan kubis yang sebelumnya diiris terlebih dahulu. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur tambahakan air secukupnya sampai adonan mudah dicetak dalam wadah ketika digoreng. Bahan utama dari bakwan yaitu udangnya diletakan di atas adonan pada saat akan digoreng sehingga hasilnya terlihat cantik.

Untuk bumbu dalam resep bakwan goreng kali ini saya menggunakan bumbu seperti biasanya. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, garam dan penyedap rasa Royco. Disini saya sengaja menggunakan penyedap rasa yang berkualitas agar rasa bakwan sayur udang yang saya buat juga nyata kelezatannya. Tambahkan bumbu ini pada adonan bakwan secukupnya kemudian aduk sampai merata. Langkah terakhir tentu saja goreng bakwan sampai matang atau terlihat berwarna kuning kecoklatan.