Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar

AhyariNet – Dalam rangka menemukan kandidat sesuai kualifikasi, tentu Anda harus tahu bagaimana cara untuk memulai proses recruitment tersebut. Pastikan sudah menemukan solusi hiring terbaik sehingga mampu menemukan kandidat secara efektif dan efisien.

Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar

Tiap-tiap perusahaan tentu membutuhkan serangkaian proses recuritment yang baik dan efektif. Bukan hanya sekedar untuk mencukupi kebutuhan SDM yang kompeten saja, akan tetapi juga penting guna menunjukkan citra perusahaan. Maka dari itu, mulailah merekrut karyawan dengan baik.

  1. Lakukan Analisa Kebutuhan Posisi
    Ketika hendak menemukan kandidat terbaik, pastikan Anda melakukan analisa terlebih dahulu terkait kebutuhan posisi di perusahaan Anda. Hal ini sangat penting untuk bisa menentukan strategi apa yang selanjutnya akan dilakukan.

    Apalagi jika membuka departemen baru. Pastinya membutuhkan sejumlah orang untuk menempati posisi yang diinginkan. Jadi, lakukan analisis dengan baik terkait posisi apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

  2. Rencanakan Waktu Proses Recruitment
    Jika sudah menentukan posisi apa yang dibutuhkan, maka selanjutnya bisa langsung menentukan kapan proses recruitment akan dijalankan. Tuliskan detail pekerjaan seperti kualifikasi dan pengalaman apa yang dibutuhkan.

    Kemudian, Anda dapat mulai menempatkan iklan lowongan pekerjaan tersebut di sejumlah portal lamaran kerja. Jangan lupa juga untuk membangun tim identifikasi terkait penanggung jawab pekerjaan tersebut dengan baik.

  3. Pasang Iklan Lowongan Pekerjaan
    Apabila Anda sudah menentukan kapan kira-kira waktu terbaik untuk melakukan proses penerimaan karyawan baru, maka berikutnya bisa langsung mulai memasang iklan lowongan pekerjaan. Pastikan juga sudah benar-benar menyusun tim penanggung jawabnya dengan baik.

    Barulah setelah itu, Anda dapat menemukan pilihan media iklan mana yang sesuai untuk menampilkan lowongan pekerjaan tersebut. Iklan lowongan pekerjaan boleh ditampilkan di media cetak maupun online sesuai kebutuhan.

  4. Lakukan Proses Recruitment
    Dengan adanya iklan lowongan pekerjaan yang efektif, maka berikutnya Anda bisa menemukan beberapa kandidat yang sesuai harapan. Pada kandidat yang dirasa cocok itulah, Anda bisa segera menghubungi mereka untuk melanjutkan proses recruitment tersebut.

    Anda bisa memanggil mereka untuk lanjut ke tahap psikotes maupun wawancara. Tentunya Anda boleh memberikan pertanyaan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa meyakinkan diri bahwa kandidat tersebut layak lolos atau tidak.

  5. Beri Kesempatan Kerja untuk Kandidat Sesuai Kriteria
    Terakhir, Anda bisa memberikan kesempatan kerja kepada kandidat terbaik yang sesuai kriteria Anda. Pastikan bahwa kandidat tersebut sudah sesuai dengan krirteria Anda dan perusahaan sehingga bisa dipercayai mengampu posisi tersebut.

    Siapkan kontrak kerja dan jangan lupa surat pemberitahuan bahwa kandidat tersebut resmi diterima di perusahaan Anda. Lakukan langkah terakhir ini dengan baik sehingga mampu mengedepankan citra perusahaan sebaik-baiknya.

Solusi Recruitment Kandidat Terbaik

Untuk apa bingung-bingung dalam memulai proses recruitment yang baik dan benar. Tentunya Anda dapat menggunakan software hiring terbaik masa kini Shortlyst. Ini adalah software yang bisa diandalkan guna mempermudah proses penerimaan karyawan baru untuk suatu perusahaan.

Shortlyst AI Recruitment Software Automation

Fitur-fitur yang ditawarkan software ini benar-benar tiada tanding. Bahkan ada fitur yang menjembatani kandidat dan pihak recruiter untuk saling tag. Kapan lagi bisa menemukan software semutakhir ini di zaman sekarang?

Menariknya lagi, Anda bisa memiliki software ini dengan harga sangat terjangkau. Bahkan harganya hanya sebesar 5% dari software sejenis yang ditawarkan oleh pihak LinkedIn. Pastinya ini akan menjadi terobosan terbaik bagi Anda.

Cara memulai proses penerimaan karyawan pastinya akan jauh lebih mudah lagi dengan menggunakan Shortlyst. Software ini dijamin ampuh untuk membantu Anda. Dengan harga ramah kantong pastinya akan sangat menarik bagi Anda.