Cara Mencegah dan Mengobati Diare Anak

Menjaga kesehatan tentunya sangat penting bagi siapa pun. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka kita dapat melakukan aktivitas dengan baik tanpa hambatan. Anak kecil biasanya lebih rentan terkena serangan penyakit, salah satunya adalah diare. Diare anak sangat mengganggu, bisa menyebabkan anak hilang kesadaran hingga kehilangan nyawa karena banyaknya cairan yag keluar dari tubuh. Untuk mengantisipasinya, kita perlu mengetahui tanda-tanda anak terserang penyakit diare, lalu mengetahui cara pencegahan dan cara mengobati yang paling efektif agar dapat menyikapi dengan baik ketika anak terserang atau baru memiliki gejala terserangnya penyakit diare ini.

mencegah diare pada anak

Cara mencegah diare pada anak sebenarnya sangatlah mudah, seperti halnya kita menjaga anak dari penyakit-penyakit lainnya. Cara pencegahan yang paling utama adalah dengan cara menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan di sekitar anak. Berikut ini cara pencegahan diare pada anak secara konkrit:

  1. Biasakanlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun cuci tangan. Ini dapat dilakukan sebelum makan dan sesudah bermain.
  2. Mandi menggunakan sabun yang mengandung antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab diare anak.
  3. Makan makanan yang higienis. Jangan biarkan anak mengkonsumsi makanan sembarangan agar terhindar dari penyakit diare.

Selanjutnya, jika terlanjur anak terserang penyakit diare, kita harus sigap dalam memberikan pengobatan yang efektif agar anak dapat segera pulih. Berikut cara mengobati penyakit diare pada anak. Buatlah cairan oralit. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm garam dengan 1 sdt gula pasir ke dalam gelas berisi air hangat. Lalu aduk hingga rata dan minumkan pada anak 2 jam sekali setelah anak buang-buang air. Jika setelah 1 hari anak belum juga pulih, dianjurkan hubungi dokter. Itu dia cara mengobati diare anak yang paling efektif. Mengobati itu penting, tapi mencegah jauh lebih penting. Anda dapat menggunakan Lifebuoy yang sudah terbukti mengandung zat pembunuh kuman dan bakteri sehingga anak anda terhindar dari penyakit diare. Biasakan pula untuk membedakan sabun mandi dengan sabun cuci tangan untuk anak anda.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!