Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Cara Mencuci Baju Sutra

Baju berbahan dasar sutra merupakan baju yang bisa dikatakan tidak umum. Artinya, tidak semua kalangan mengenakkan baju berbahan dasar sutra. Bahkan, mungkin tidak semua orang memiliki baju yang material utamanya adalah sutra, selain karena harganya yang mahal, mengenakkan baju sutra identik dengan menghadiri acara formal resmi di mana orang akan memperhatikan tiap detail penampilan dan busana yang anda kenakan. Untuk anda yang memiliki koleksi baju bermaterial sutra, berikut kami berikan tips merawat pakaian khusus bahan dasar sutra.

cara mencuci sutra

Yang pertama, cucilah baju anda dengan menggunakan air hangat. Masaklah air panas, lalu campurkan air panas dengan air dingin hingga suhunya hangat lalu tambahkan sabun cair atau shampoo yang lembut. Lebih baik lagi jika anda menggunakan sabun yang dikhususkan untuk bahan sutra. Jangan campur cucian baju sutra anda dengan pakaian lain demi menghindari risiko baju kelunturan.

Saat mencuci, kucek ringan baju anda dengan lembut, jangan terlalu keras karena akan merusak serat kain. Jika baju sutra anda terkena noda, usapkan kembali sabun cuci ke daerah yang terkena noda lalu usap dengan lembut. Setelah selesai dan bersih dibilas, untuk mengeringkan baju sebelum dijemur, jangan peras kuat-kuat, cukup dengan menggulung baju secara ringan di dalam balutan kain atau handuk serap air. Jemurlah baju di tempat yang tidak terkena langsung panas matahari dan dilewati banyak angin.

Berikut adalah tips merawat pakaian bermaterial sutra. Baju sutra yang awet dalam kondisi yang baik akan menjadi investasi anda.