Cara Mengatur Keuangan atau Finance yang Benar; Ini Dia Urutannya

www.ahyari.net – Apakah anda sudah benar dalam mengatur masalah finance atau gaji yang didapatkan. Atau justru anda merasa kalau ternyata selama ini pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan penghasilan. Sehingga membuat masalah keuangan menjadi rumit dan mengharukan anda pinjam sana-sini. Kalau demikian, maka ada yang salah dalam cara anda mengatur finance atau keuangan. Jadi wajar saja kalau selama ini anda merasa pengeluaran justru lebih besar dibandingkan penghasilan. Supaya hal tersebut tidak kembali anda alami, maka sebaiknya perhatikan dan simak tips dibawah ini, mengenai cara mengatur keuangan atau finance yang benar, dan perhatikan juga urutannya.

Tips Mengelola Keuangan Finance

  • Angsuran maksimal 30 %
    Sebaiknya untuk angusuran besarnya maksimal adalah 30 % dari gaji atau pendapatan anda. Jadi pastikan kalau anda ingin mengambil hutang, besar yang harus dibayar tidak lebih dari 30 % gaji yang didapatkan. Selain itu juga, setelah mendapatkan gaji, anda langsung membayar untuk semua jenis angsuran yang dimiliki.
  • Pengeluaran rutin 40 hingga 60 %
    Sedangkan untuk pengeluaran rutin, seperti untuk biaya makan, belanja bulana, biaya pendidikan anak, transportasi, dan yang lainnya pastikan besarnya adalah sekitar 40 hingga 60 % dari gaji yang didapatan setiap bulannya.
  • Investasi 10 hingga 30 %
    Anda juga sebisa mungkin untuk menyisihkan sebagai dari gaji yang didapatkan untuk investasi ataupun menabung. Besarnya adalah sekitar 10 hingga 30 % dari gaji yang didapatkan.
  • Kebutuhan pribadi 20 %
    Kita juga harus menyisihkan gaji yang didapatkan untuk kebutuhan pribadi. Yaitu anda bisa menggunakan sekitar 20 % uang dari gaji untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Mulai dari berlibur, menonton, hang out dan yang lainnya. Dengan menyisihkan sebagian gaji untuk kebutuhan pribadi, bisa menjadi salah satu penyemangan agar bekerja pun menjadi lebih giat.
  • Kegiatan sosial 2.5 %
    Jangan lupa juga tetap menyisihkan sebagian dari penghasilan sekitar 2.5 % untuk kegiatan sosial, seperti bersedekah, membantu mereka yang membutuhkan dan yang lainnya. Tenang saja, dengan berbagai tak akan membuat penghasilannya menjadi berkurang. Justru akan semakin membuka rezeki yang nantinya akan didapatkan. Terlebih lagi dengan berbagai maka kita bisa membuat orang yang di tolong menjadi senang.

Bagaimana mudah sekali bukan cara mengatur finance atau keuangan dari gaji yang didapatkan. Kalau anda menjalaninya dengan baik, maka tidak perlu pusing untuk memikirkan berhutang. Karena semua kebutuhan sudah terpenui sesuai dengan post nya. Namun kalau anda salah dalam mengatur masalah keuangan, tentu saja hal tersebut justru bisa menjadi boomerang dan bom waktu yang kapan saja bisa meledak dan membahayakan. Ingin tips menarik lainnya mengenai dunia finance, bisa di simak hanya dengan klik gamaurugi.com