KPI Adalah Aspek Penting di Perusahaan! Bagaimana Mengelolanya?

AhyariNet – Perusahaan yang hanya beroperasi tanpa target akan kesulitan mencapai kesuksesan. Maka dari itu, perusahaan harus menetapkan KPI yang jelas. Bisa dikatakan, KPI adalah sebuah parameter yang akan menentukan seberapa bagus perkembangan kinerja perusahaan. Untuk informasi lebih lengkap, mari simak ulasan berikut ini!

Key Performance Indicator

Mengapa KPI Penting dalam Perusahaan?

KPI (Key Performance Indicator) adalah sebuah penentu untuk sebuah perkembangan bisnis. Biasanya setiap divisi akan mempunyai KPI yang berbeda tergantung bagaimana tugas serta peranannya dalam perusahaan.

Dengan adanya KPI, perusahaan dapat memantau seberapa jauh  perkembangan bisnis selama periode tertentu. Setelah itu, barulah perusahaan akan menentukan bagaimana tindakan yang dapat dilakukan. Contohnya, ketika ada KPI dari salah satu divisi tidak mencapai target dalam sebuah KPI, perusahaan akan mencari tahu penyebab penurunan tersebut dan akhirnya juga akan mencari solusi supaya masalah tersebut tidak merembet ke hal lain.

Bagaimana jika perusahaan berhasil mencapai KPI yang sudah ditetapkan? Dari KPI periode sebelumnya, perusahaan juga akan membuat KPI baru di periode selanjutnya supaya perusahaan bisa mengembangkan usaha jauh lebih baik.

Bagaimana Cara Mengelola KPI dengan Baik dan Benar?

Bisa dikatakan, perusahaan akan kesulitan untuk mengelola bisnis dan operasional tanpa adanya KPI. Lantas, bagaimana cara mengelola KPI dalam perusahaan?

Yang pertama, KPI harus berpedoman dengan konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time-based). Mengapa demikian?

Parameter harus ditetapkan secara spesifik (specific) agar bisa  mencapai target yang sesuai Jika terlalu banyak atau melebar, justru perusahaan akan kesulitan untuk mencapai target. Di sisi lain, target juga harus dapat dapat terukur (measureable) dan dapat dicapai (achievable) dengan jelas agar bisa ditentukan apakah perusahaan dapat mencapai parameter tersebut atau tidak.

Pastikan juga bahwa target yang akan ditentukan sesuai dengan periode dan perkembangan perusahaan saat ini (relevant) dan mempunyai tenggat waktu yang jelas, jangan sampai justru tidak ada waktu yang jelas. Sebab, target perusahaan bisa sulit tercapai jika tidak ada waktu yang jelas.

Selanjutnya, perusahaan Anda juga dapat menggunakan teknologi atau sarana pendukung untuk mengelola KPI.

Pengelolaan KPI menggunakan cara manual memakan waktu cukup lama karena ada banyaknya dokumen dan informasi yang terlibat. Tak jarang perusahaan mengalami berbagai masalah selama mengelola KPI. Misalkan pengelolaan KPI kinerja karyawan, untuk mengatasinya, perusahaan dapat menggunakan KPI Software yang ditawarkan dari berbagai vendor.

Salah satu rekomendasi vendor KPI Software yang dapat digunakan adalah LinovHR. LinovHR sendiri sudah lebih dulu dikenal sebagai Payroll System yang cukup berpengalaman.

KPI adalah aspek krusial dalam kinerja. Maka dari itu, perusahaan harus mengelola KPI secara optimal sehingga bisnis dapat berjalan baik. Semoga ulasan di atas dapat membantu!

Referensi: https://www.linovhr.com/kpi-adalah/