Cara Menghemat Pulsa

Satu hal yang kerap dikeluhkan oleh para pemakai gadget adalah borosnya konsumsi kuota atau pulsa yang mereka miliki. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, pasalnya tingginya akses data dan kebutuhan informasi saat ini memang membuat konsumsi pulsa maupun data menjadi membengkak.

Hal ini tidak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki budget cukup atau bahkan berlebih untuk isi pulsa di distributor pulsa. Namun hal tersebut akan berbeda halnya ketika kita tidak memiliki budget yang cukup untuk keperluan khusus pulsa.

Tips Cara Menghemat Pulsa

Nah, bagi Anda yang merasa boros dalam penggunaan pulsa nampaknya perlu mengetahui beberapa tips ataupun cara untuk menghemat pengeluaran. Menghemat pengeluaran pulsa sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut secara lebih mendalam di beberapa segmen di bawah ini.

Tips Menghemat Pulsa

1. Waspadai Layanan Siluman Penyedot Pulsa
Hal atau tips pertama yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin menghemat pengeluaran pulsa adalah dengan mewaspadai berbagai layanan penyedot pulsa. Ya, seperti yang diketahui bersama, terkadang kita memang mendapatkan SMS penawaran paket atau layanan menarik yang sangat menggiurkan yang sebenarnya datang bukan dari operator seluler. Nah, ketika Anda mendapatkan tawaran tersebut, Anda perlu menelusuri terlebih dahulu mengenai kebenaran penawaran tersebut.

Pasalnya, tidak jarang ada sebuah penawaran palsu yang ketika Anda turuti Anda justru mendaftar sebuah layanan SMS penyedot pulsa. Di mana hal ini biasanya memang terjadi tanpa disadari oleh si korban. Biasanya SMS berbayar tersebut akan menyedot atau memotong pulsa yang Anda miliki sekitar 2000 rupiah setiap kali ada SMS datang.

2. Pilih Layanan yang Sesuai Kebutuhan Anda
Saat ini para operator seluler memiliki banyak layanan yang sangat menarik untuk dinikmati para pelanggannya. Bahkan, perang layanan yang ditawarkan oleh operator kepada para pelanggannya tersebut kian hari semakin sengit. Nah, dengan banyaknya tawaran layanan yang dimiliki bebagai operator tersebut, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan yang Anda miliki. Jika sudah demikian, Anda tentu bisa memilih mana layanan atau operator yang paling cocok dengan kebutuhan maupun kemampuan Anda.

3. Hindari Layanan Download via Operator
Hampir mirip dengan layanan SMS sedot pulsa, layanan download via operator ini juga biasanya datang melalui SMS. Di mana, biasanya Anda akan mendapatkan tawaran wallpaper gratis, ringtone gratis atau bahkan MP3 gratis. Memang benar konten yang akan Anda dapatkan gratis, namun demikian Anda akan tetap dikenakan biaya GPRS.

4. Gunakan SMS Seperlunya
Nah, tips terakhir bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran pulsa dari ponsel Anda adalah dengan membatasi menggunakan layanan SMS. Meskipun saat ini sudah banyak layanan messenger maupun pesan instan yang menggunakan internet, namun kebutuhan SMS ini tetap tidak bisa dihilangkan. Banyaknya aplikasi pesan instan atau messenger nampaknya membuat tarif SMS menjadi semakin mahal.

Untuk itu, jika Anda ingin menghemat pulsa yang Anda miliki, alangkah baiknya jika Anda bisa membatasi penggunaan pulsa untuk SMS. Pasalnya saat ini, tarif pulsa per SMS harganya bahkan berkali-kali lipat lebih mahal jika dibandingkan jaman dulu ketika belum banyak aplikasi pesan instan. Jika Anda masih ingin menggunakan SMS dengan banyak, maka disarankan untuk menggunakan paket SMS yang bisa Anda daftarkan dengan biaya tertentu.

Demikianlah beberapa tips menghemat pulsa yang bisa Anda ikuti untuk bisa menghemat pengeluaran pulsa dari smartphone. Dengan melakukan beberapa tips di atas, Anda bisa melakukan efisiensi terhadap penggunaan pulsa pada ponsel Anda yang tentunya akan membuat pulsa lebih awet dan hemat.