Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Cara Sederhana Mengobati Flu

Cuaca yang berubah-ubah mengakibatkan munculnya banyak penyakit, misalnya saja flu atau influenza. Flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Cara penyebarannya melalui udara dan air ludah. Ada berbagai gejala flu yang sering muncul, contohnya pilek, batuk, nyeri pada tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, demam, bahkan disentri pun bisa muncul.

mencegah flu

Kebanyakan orang minum obat agar flu yang diderita menjadi reda. Tetapi ada beberapa jurus yang lebih baik dan tentunya alami untuk meredakan flu, beberapa di antaranya antara lain:

  1. Buang lendir yang ada di hidung
    Buang lendir yang ada di hidung sesering mungkin, karena hal ini akan lebih melegakan saat bernapas. Hal ini bisaa terjadi pada awal-awal terkena flu.
  2. Minum banyak air
    Minumlah banyak air karena pada saat flu suhu tubuh kita akan meningkat yang menimbulkan dehidrasi. Selain air, bisa juga mengkonsumsi minuman yang dapat menggantikan cairan dalam tubuh kita.
  3. Jangan minum es
    Sebaiknya minum air putih hangat atau jeruk hangat agar dapat melegakan tenggorokan kita. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.
  4. Makan makanan yang pedas
    Makanan yang mengandung cabai atau lada dapat berperan sebagai pembersih rongga hidung. Mengapa demikian? Karena cabai atau lada mengandung zat capsaicin yang berfungsi untuk membersihkan rongga hidung.