Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Cara Tepat Melakukan Perawatan Sepatu Futsal Agar Lebih Awet dan Cegah Bau Kaki

www.ahyari.net – Senang melakukan aktivitas olahraga, seperti diantaranya bermain futsal, namun sering kali bermasalah dengan sepatu yang rusak, mungkin karena kesalahan dalam memilih dan menggunakan sepatu futsal tersebut, kualitas yang kurang baik memang menyebabkan produk fashion yang satu ini mudah sekali rusak, apalagi digunakan untuk berlari dan juga menendang di lapangan hijau. Hanya saja faktanya tak hanya dilihat dari segi kualitas atau brand saja, melainkan banyak diantaranya pengguna sepatu yang sebenarnya sudah membeli merk bagus, namun tetap saja mudah mengalami kerusakan.

cara merawat sepatu futsal

Hal ini bisa terjadi karena kesalahan dalam merawat sepatu tersebut, jarangnya membersihkan atau penyimpanan yang salah kenyataannya sangat mempengaruhi data tahan dari item fashion yang satu ini, sehingga pastikan bahwa Anda tak sembarangan dalam perawatannya. Berikut ini diantara beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam perawatannya sehingga tak mudah rusak, yaitu:

  1. Bersihkan dengan tepat, khusus untuk sepatu bola atau sejenisnya memang memiliki ciri khas yaitu cangkang atau bagian luar yang keras, sehingga pastikan bahwa Anda tak sembarangan dalam membersihkan. Jika kotoran hanya ada di bagian luar saja, maka cukup dengan mengelap menggunakan kain yang basah secara lembut dan merata.
  2. Mencuci sepatu, pencucian ini bisa dilakukan seminggu sekali, jika memang cukup intensif digunakan, karena terlalu sering terkena air dampaknya juga kurang begitu bagus bagi sepatu Anda. Cara cucinya sangat mudah, yaitu pastikan untuk mencopot semua bagian tali sepatu tersebut, khususnya adalah jenis yang bertali, kemudian rendam dalam air dan detergen sebentar. Sikat bagian luarnya hingga bersih, jangan lupa membersihkan bagian dalam sepatu untuk menghilangkan kuman penyebab bau kaki. Bilas hingga bersih kemudian jemur secara tak langsung di bawah sinar matahari.
  3. Penting juga untuk diperhatikan adalah penggunaan detergen ketika mencuci sepatu tersebut, hendaknya Anda menggunakan detergen konsentrat atau bentuk cair saja, atau bisa diganti menggunakan sabun bayi, umumnya kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya jauh lebih aman untuk sepatu.
  4. Selalu pastikan menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu tersebut, fungsinya adalah untuk menyerap keringat, sehingga tak langsung terkena sepatu, keringat ini selain menyebabkan bau kaki juga bisa menjadi memicu kerusakan dalam.
  5. Impian di tempat yang bersih dan juga kering, jika perlu gunakan silica, bahan yang satu ini secara aktif bisa mengurangi kelembaban, sehingga sepatu akan tetap awet.

Sangat mudah merawat sepatu futsal, perawatan yang tepat membuat sepatu lebih awet dan juga nyaman ketika digunakan, masalah seperti bau kaki ataupun juga kutipan bisa jadi dipicu oleh sepatu yang kotor, sehingga pastikan untuk selalu mencucinya, agar kaki Anda tetap sehat.