Cegah Bayi Terkena Pilek dengan Cara Berikut Ini

Mencegah Mengobati Bayi Pilek

Pilek memang kondisi yang sudah biasa dialami oleh bayi, akan tetapi jika bayi sedang dalam keadaan sakit, sesepele apapun ibu akan tetap merasa khawatir. Beragam tips dan saran dapat dilakukan ibu untuk mengatasi pilek pada bayi, termasuk obat pilek untuk bayi yang aman yang dapat juga diperoleh dari apotek. Tapi daripada mengobati, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pilek menghampiri bayi ibu, yaitu dengan cara berikut ini.

Memperkaya Asupan Gizi

Bayi, dalam tumbuh kembangnya membutuhkan banyak asupan gizi agar tetap sehat dan berkembang maksimal. Gizi yang kurang, selain menghambat pertumbuhan bayi juga dapat mempengaruhi kesehatan bayi sehingga mudah terserang penyakit. Contohnya pilek. Memberikan makanan yang salah dapat berakibat bayi mudah terserang penyakit. Untuk itu, ada baiknya jika ibu memperhatikan asupan untuk bayi untuk kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Melindungi Bayi Dari Bakteri

Bakteri menjadi penyebab yang sering ditemui pada penyakit pilek. Dari kebanyakan dokter menyarankan agar terhindar dari bakteri adalah dengan meningkatkan kebersihan tubuh dan lingkungan. Untuk melindungi bayi dari bakteri, ada baiknya ibu rutin mengganti baju maupun kain yang bersentuhan dengan bayi. serta menjauhkan bayi dari orang yang sakit bahkan jangan perkenankan orang asing memegang bayi sembarangan.

Menjaga Suhu Ruangan

Karena masih beradaptasi dengan lingkungan, bayi masih sensitif dengan keadaan lingkungan sekitar. Untuk menghindarkan bayi dari terkena pilek, sebaiknya perhatikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu dingin akan membuat bayi kedinginan sehingga hidung bayi akan berair.

Memakai Deterjen Khusus

Sekarang ini telah banyak iklan yang menawarkan produk yang dikhususkan untuk bayi. Hal ini dikarenakan tubuh bayi yang sangat rentan dengan bakteri maupun dengan lingkungan sekitar sehingga dikhawatirkan akan membuat bayi mudah sakit. Ada baiknya ibu menggunakan produk khusus bayi karena produk khusus bayi menggunakan bahan-bahan yang sudah dipastikan aman untuk bayi.

Demikian beberapa informasi yang penting untuk moms ketahui, atau lebih lengkapnya cek di Go Apotik.