Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Film (?) Tanda Tanya itu…

Rintik hujan yang jatuh satu-satu (untung ga jatuh rame-rame), mengiringi perjalananku. Niatnya satu: Nonton film Hanung Bramantyo yang berjudul (?). Film (?) Tanda Tanya itu… bercerita tentang keberagaman dan toleransi antar umat beragama dan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Alur cerita menarik, seperti cerita yang mengambarkan keseharian keluarga Muslim, Keluarga Nasrani, Cina hingga ke individu yang semula beragama Islam kemudian memeluk agama kristen. Interaksi antar individu berbeda agama dan suku tersebut dituangkan dalam cerita kehidupan yang mungkin sudah sering Anda lihat di sekitar Anda.

Jika ditelisik, keberagaman dan toleransi merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan satu-sama lain. Jika keberagaman tanpa toleransi, tentu yang muncul nanti hanya ego masing-masing. Akan tetapi, dengan adanya toleransi, keberagaman dituntut untuk menghargai dan menghormati perbedaan itu sendiri.

Tidak ada satupun Agama di dunia yang mengajarkan kekerasan

Meski film produksi Mahaka Pictures dan Dapur Film ini serentak tayang pada 7 April 2011, saya pribadi baru saja menontonnya kemarin. Saya berpendapat bahwa Film dengan penonton SAMA. Sama dalam artian beragam namun tetap bertoleransi. Bukankah kalau menonton di bioskop kita tidak boleh ribut? Itu salah satu bentuk toleransi 🙂

Film (?) Tanda Tanya
Film (?) Tanda Tanya

Film yang ke-14; yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo memiliki setting tempat yang benar-benar mengambarkan keberagaman. Seperti Mesjid, Gereja dan Klenteng yang letaknya tidak berjauhan, dan para penganutnya memiliki hubungan satu sama lain.

Film berdurasi 100 menit ini mendapat tepuk tangan meriah diakhir pemutaran. Mungkin penonton tersentuh dengan alur ceritanya. Banyak adegan lucu, banyak pula adegan yang membuat jantung serasa ingin meledak.

Trailer / Cuplikan Film Tanda Tanya

Anda sudah menontonnya? Anda bisa juga melihat-lihat informasinya di Situs resminya: Film Tanda Tanya 😉