Ragam Fitur dan Manfaat Fleet Management System Bhinneka

Ahyari.Net – Bagi perusahaan yang menerapkan aktivitas distribusi logistik dalam proses bisnisnya tentu memerlukan Fleet Management System yang baik untuk mengontrolnya. Dalam hal ini, sebuah software atau aplikasi dapat berpengaruh cukup signifikan dalam menjamin kelancarannya.

Kelayakan armada yang mengangkut logistik, ketepatan waktu pengiriman, dan juga kondisi pengemudi menjadi variabel yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Semua itu adalah bagian yang coba dihadirkan pada Bhinneka Programmatic Fleet Management Service.

Fleet management System Bhinneka

Mengenal Bhinneka Programmatic Fleet Management Service

Sebelum masuk ke inti pembahasan, perlu Anda ketahui bahwa Bhinneka menyediakan layanan belanja online lewat e-commerce Bhinneka.com. Situs ini menyediakan beragam kebutuhan barang untuk keperluan UMKM, korporasi, bahkan untuk lingkup pemerintahan sekalipun.

Jika Anda memiliki sebuah bisnis yang memerlukan penyedia barang dalam jumlah besar, berbelanja di Bhinneka.com akan jauh lebih efisien. Selain karena perannya sebagai business enabler yang mempertemukan para pelaku bisnis, ekosistem bisnis Bhinneka.com juga sangat baik.

Dalam perjalanan bisnisnya, salah satu produk yang dikembangkan oleh Bhinneka adalah Bhinneka Programmatic Fleet Management Service. Sebuah aplikasi yang dapat mengelola armada dalam proses distribusi logistik. Software ini bahkan sudah digunakan oleh Coca-Cola dan Huawei.

Dengan mengusung tagline “When Zero Accident is a Must”, Fleet Management System milik Bhinneka ini menghadirkan beragam fitur yang dapat mengoptimalkan segala hal terkait penggunaan armada pengiriman barang dari hulu ke hilir.

Fitur-Fitur pada Fleet management System Bhinneka

Dalam upayanya mewujudkan tagline “When Zero Accident is a Must”, software Bhinneka Programmatic Fleet Management Service menghadirkan 4 fitur utamanya. Keempat fitur tersebut tentu saja dapat memaksimalkan pengelolaan armada yang digunakan.

Keempat fitur utama dalam aplikasi logistik tersebut akan dibahas pada penjelasan berikut ini:

1. Monitor Vehicles

Fitur pertama yang ada pada aplikasi logistik ini adalah Monitor Vehicles. Fitur ini memungkinkan pemilik armada untuk selalu memantau kendaraannya meski tidak berada di lokasi yang sama. Hal ini tentu dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap armada yang sedang beroperasi.

Di sini, pemilik armada bisa memantau jarak tempuh dari kendaraan yang dioperasikan sehingga estimasi waktu sampai dapat dikalkulasikan dengan lebih akurat. Selain itu, ketersediaan bahan bakar juga tak luput dari monitor si pemilik armada.

Nantinya, setiap 100 km dapat dihitung berapa jumlah bahan bakar yang terpakai. Data ini bisa membantu para pemilik armada dalam menghitung biaya operasional serta menyusun anggaran untuk tujuan distribusi logistik selanjutnya.

2. Driving Behavior Analysis & Optimization

Fitur yang dalam bahasa Indonesia berarti optimalisasi dan analisis kebiasaan mengemudi merupakan cara dari software logistik ini dalam memantau perilaku para drivernya. Sering kita melihat aksi kurang pantas yang dilakukan oleh para pengemudi armada besar saat melintasi jalanan.

Hal ini menjadi perhatian dari aplikasi Bhinneka Programmatic Fleet Management Service untuk menciptakan kebiasaan mengemudi yang sehat. Adanya fitur ini secara tidak langsung dapat mengatur para pengemudi untuk menjaga tata tertib berkendara saat melaksanakan tugasnya.

Fitur ini juga akan memberikan penilaian bagi para pengemudi selama menjalankan armada sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemilik armada terhadap para driver ke depannya. Performa driver selama berada di jalanan juga akan tersaji dalam bentuk grafik di dalam aplikasi.

3. Vehicle Cost Statistic & Analytic

Fitur ketiga yang ada di aplikasi ini adalah Vehicle Cost Statistic & Analytic. Fitur ini akan menampilkan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk merawat kendaraan selama masa ekonomisnya. Data ini sangat bermanfaat untuk menentukan biaya operasional terkait kendaraan.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang atau perusahaan yang memiliki aktivitas distribusi barang, tentu adanya fitur ini sangat membantu juga saat menghitung total keuntungan bersih sehingga pelaporan keuangan dapat tersaji dengan lebih akurat.

4. Personalize Monthly Report & Analysis

Terakhir, ada fitur yang bisa digunakan untuk memberikan laporan secara bulanan terkait aktivitas pengiriman barang yang sudah dilakukan. Pemilik perusahaan nantinya bisa melihat berapa banyak bahan bakar yang sudah terpakai selama satu bulan, berapa jarak yang sudah ditempuh, dll.

Data-data tersebut bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan manajerial, baik untuk kepentingan keuangan ataupun kepentingan-kepentingan perusahaan lainnya. Adanya laporan tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi dan perbaikan di masa mendatang.

Manfaat Menggunakan Software Fleet Management

Mungkin bagi sebagian orang berpikir bahwa akan lancar-lancar saja selama proses distribusi logistik berjalan dengan normal. Akan tetapi, tahukah Anda berapa nilai kerugian yang harus dialami jika saja terjadi kecelakaan pada armada yang beroperasi.

Belum lagi adanya hal-hal kecil yang jarang diperhatikan, seperti pemborosan bahan bakar, pemilihan jalur alternatif pengiriman, atau pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para driver. Hal-hal tersebut jika diakumulasi bisa saja menjadi nilai kerugian yang sebenarnya bisa dihilangkan.

Untuk itulah penggunaan software logistik sangat penting untuk diterapkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan software Fleet Management System untuk bisnis.

1. Mengurangi Angka Kecelakaan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fitur-fitur yang dimiliki oleh software Bhinneka Programmatic Fleet Management Service sangat mengedepankan keselamatan dan mengupayakan zero accident. Salah satu yang terpenting adalah adanya fitur penilaian pada kebiasaan mengemudi para drivernya.

Selain itu, pemilik perusahaan juga tidak akan melewatkan waktu untuk melakukan service kendaraan jika jadwalnya telah tiba. Hal ini dapat meningkatkan pemeliharaan pada kendaraan yang sedang beroperasi sehingga berpengaruh pada kinerjanya saat digunakan.

2. Fungsi Monitoring/Tracking yang Baik

Adanya fitur untuk melakukan tracking pada setiap armada yang dioperasikan dapat mengurangi penggunaan armada di luar operasional. Penerapan Geo-fence di setiap kendaraan yang digunakan membuat pemilik armada bisa memantau lokasi kendaraan secara real time.

3. Memantau Kondisi Kendaraan Lebih Mudah

Pemilik armada bisa dengan mudah melakukan pemantauan pada setiap kendaraan yang digunakan, mulai dari lama penggunaan, kapan jadwal service atau pemeliharaan harus dilakukan, serta hal-hal lain terkait kendaraan sehingga kondisi kendaraan bisa dinilai secara akurat.

4. Proses Pengiriman Lebih Optimal

Adanya fitur-fitur di atas pada akhirnya dapat mengoptimalkan proses pengiriman barang ke lokasi tujuan sehingga proses berjalan dengan efektif dan efisien. Secara jangka panjang, hal ini tentu saja dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Bagaimana Cara Menggunakan Fleet Management Service?

Jika Anda berminat menggunakan software Bhinneka Programmatic Fleet Management Service, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 29292828 atau kunjungi halaman website Bhinneka.com.

Sebelum mulai berlangganan, Anda diberikan kesempatan untuk mencoba layanan Free Trial selama 14 hari. Layanan ini bisa Anda manfaatkan untuk mempertimbangkan apakah ingin lanjut berlangganan atau tidak, sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas terhadap produk ini nantinya.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan e-commerce dari Bhinneka.com untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun keperluan bisnis Anda. Silakan pilih produk yang Anda butuhkan dan jika Anda melakukan pembelian dalam skala besar akan ada harga khusus yang berlaku.