Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Hati-hati, Cara Menghilangkan Jerawat Berkantung Dapat Menyebabkan Cacat di Kulit!

Pernah melihat wajah seseorang yang berlubang-lubang? Ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan cara menghilangkan jerawat yang salah. Anda perlu tahu, bahwa jerawat sendiri banyak jenis dan macamnya. Bahkan komedo pun sebetulnya juga merupakan bagian dari jerawat. Karena istilah jerawat sendiri berasal dari bahasa yunani kuno acme yang artinya bintik. Pada perkembangannya penyebab bintik khususnya bintik hitam di wajah sangatlah beragam. Sehingga hampir semuanya masuk ke kategori jerawat atau acne.

madu obat alami jerawat
image source: www.ponds.co.id

Salah satu jenis jerawat yang agak susah penanganannya adalah jerawat kista. Yaitu jenis jerawat yang telah meradang. Biasanya ditunjukkan dengan gejala: jerawat memerah dan isinya campuran dari darah, nanah serta sebum. Apabila disentuh di bagian sekitar jerawat akan terasa nyeri. Bahkan pada beberapa kasus, jerawat ini akan membentuk kelompok-kelompok. Jadi semakin sulit untuk mempraktekkan tips membasmi jerawat yang kita ketahui. Keadaan ini memicu timbulnya kantong minyak pada lapisan kulit dimana terjadi jerawat. Yang akhirnya merusak jaringan kulit di sekitar jerawat tersebut. inilah yang akan menimbulkan bekas permanen pada wajah.

Untuk mengobati jerawat kista seperti diatas, maka cara menghilangkan jerawat yang paling tepat adalah yang dilakukan oleh dokter. Dimana dokter akan memberikan suntikan berupa kortikostiroid yang berfungsi agar kista atau kantong minyak tadi menjadi encer. Suntikan ini juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit sehingga ketika jerawat telah mongering, kulit tidak melesak ke dalam (bopeng).