Hemat Energi Listrik Di Kantor

Ahyari.Net – Banyaknya peralatan di kantor yang digerakkan dengan energi listrik, membuat daya listrik yang dimakan oleh kantor tersebut setiap bulannya bisa dipastikan cukup besar. Dengan besarnya daya yang dihabiskan sudah barang tentu akan besar pula rekening listrik yang harus dibayar.

Seiring dengan terus naiknya harga listrik di Indonesia, besarnya biaya pemakaian listrik tersebut tentu menjadi beban tersendiri bagi perusahaan. Karena itu langkahΒ https://sewatama.com/what-we-do/power-solutions/power-optimization – energy efficiency listrik perlu dilakukan, dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Jika AC yang terpasang di kantor adalah jenis AC biasa, cobalah untuk menggantinya dengan AC inverter yang bisa menghemat penggunaan listrik sampai dengan 60%. Biaya awal untuk pembelian AC inverter tersebut memang cukup mahal, apalagi jika harus membeli beberapa buah AC. Namun anggap itu sebagai investasi, karena seiring dengan berkurangnya rekening listrik yang harus dibayar, dana untuk pembelian AC inverter dapat secepatnya tergantikan.
  • Investasi pembelian sarana kantor juga mesti dilakukan dari sisi penerangan, yakni dengan mengganti lampu TL dengan lampu LED. Jika investasi lewat pembelian lampu LED dirasa memberatkan perusahaan karena harganya yang mahal, dapat pula menggantinya dengan lampu essential, meski dari sisi pemakaian daya masih lebih irit lampu LED.
  • Jika tersedia anggaran yang lebih, pemasangan sensor listrik sangat efektif untuk menghemat pemakaian listrik, karena dengan adanya sensor tersebut, lampu-lampu yang tidak terpakai secara otomatis akan padam dengan sendirinya.
  • Energy efficiency listrik juga dapat dilakukan dengan mengurangi pemakaian PC serta menggantinya dengan laptop, karena daya yang dibutuhkan laptop jauh lebih kecil dibandingkan PC.
  • Warnai dinding kantor dengan cat yang terang, sehingga untuk menerangi ruangan tidak dibutuhkan lampu yang terlalu terang.
  • Kurangi frekuensi kerja lembur, agar pemakaian listrik tidak membengkak.

Agar kantor tempat Anda bekerja dapat lebih maksimal dalam melakukan penghematan listrik, hubungi Sewatama yang dapat memberikan solusi efisiensi energi bergaransi. Sewatama dengan layanannya akan memberikan jaminan penghematan listrik dengan berbagai skema dan dengan produk serta layanan yang mencakup solusi jasa perusahaan energi terintegrasi. Banyaknya properti komersial, rumah sakit, BUMN, penyedia listrik dan industri manufaktur yang memanfaatkan jasa Sewatama untuk mengoptimasi daya dan efisiensi energi merupakan satu bukti dari kredibilitas yang dimiliki perusahaan ini. (*)

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!