Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Heroes Evolved dan 2 Game MOBA Terbaik Lainnya yang Bisa Anda Pilih

www.ahyari.net – Game MOBA tampaknya sedang berada dalam puncak kepopulerannya. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu jauh-jauh ke rentalan Play Station karena game ini bisa dinikmati melalui smartphone canggih Anda. Bagi Anda penggemar game MOBA, tentu sudah tidak asing lagi dengan Mobile Legends seperti Bang Bang atau Vainglory?

Ada juga Garena, salah satu games publisher yang meluncurkan game khusus MOBA berbasis mobile, yaitu Mobile Arena. Bahkan, seakan tidak ingin tenggelam di antara kepopuleran Mobile Legends dan Mobile Arena, kini Heroes Evolved pun baru saja memperbarui banyak sistem dalam game-nya.

heroes evolved

Ketiga game MOBA ini sangat diapresiasi oleh pengguna smartphone tipe Android dan iOS. Sayangnya, memainkan game MOBA ini tidak seperti memainkan game kasual, karena butuh kapasitas besar dan fokus khusus dalam memainkannya.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang hanya memiliki kapasitas memori terbatas atau menengah, salah satu dari game tersebut masih bisa Anda mainkan. Sebagai referensinya, Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada ketiga game tersebut. Nah, tidak perlu berpanjang kata lagi, yuk, kita simak spesifikasinya.

Ukuran Game

Berdasarkan Itunes, ukuran game terkecil adalah Mobile Legends: Bang Bang. Ukuran game poduksi Moonton ini hanya 194 MB. Urutan selanjutnya yang berada di tengah-tengah yaitu Heroes Evolved yang ukuranya hampir 3 kali lipat dari Mobile Legends: Bang Bang. Sedangkan game produksi Garena, Mobile Arena, hampir 1 GB, tepatnya 835 MB.

Tampilan Grafis, Fitur, dan Mode

Tampilan grafis ketiga game MOBA tersebut sebenarnya bagus, tapi memang tergantung selera masing-masing penggemar game ini. Untuk Anda yang masih pemula, MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) cocok untuk dijadikan pilihan pertama. Game ini memiliki tampilan sederahan dan mudah untuk Anda pahami.

Mode dalam game MLBB juga sedikit dan mengandalkan gameplay 5v5. Dari match up sampai pertandingan peringkat dan Brawl. Sedangkan Heroes Evolved cocok untuk Anda yang sudah memiliki cukup pengalaman dalam memainkan game MOBA. Meski pengaturan items setiap hero-nya tidak sulit, tapi masih cukup advance.

Jika MLBB sudah diatur secara otomatis sebelum pertandingan dimulai, Anda bisa mengatur sesuka hati items-nya dengan cara manual. Bahkan sebelum pertandingan dimulai, Anda harus ahli merancang items-nya. Untuk tampilan grafisnya, Heroes Evolved lebih baik dari MLBB. Skill masing-masing hero cukup keren, nyaman, dan terlihat natural untuk dilihat.

Nah, untuk gamer MOBA yang sudah sangat berpengalaman, Mobile Arena sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Selain pertarungan 5v5, Anda dapat bermain dalam mode 3v3 sampai 1v1. Meski sulit untuk dimainkan oleh pemula, keseimbngan visual serta permainan dalam game ini menjadi poin utamanya.

Jumlah Karakter

Karakter atau Hero merupakan elemen penting dalam game MOBA. Setiap game memiliki kelas masing-masing yang berbeda dalam pengelompokkan hero-nya. Game dengan kelas terbanyak adalah MLBB dan Mobile Arena. Keduanya memiliki enam kelas dengan penamaan yang mirip.

Mobile Arena membagi kelasnya menjadi Tank, Warior, Asssasin, Archer, Mage, dan Support. Sedangkan perbedaannya dengan MLBB terletak pada kela Warior yang diganti menjadi Fighter serta Archer yang berubah menjadi Marksman.

Nah, untuk Heroes Evolved yang paling sedikit kelasnya, ternyata memiliki paling banyak jumlah karakternya. Anda bisa menemukan 45 hero pada kelas Strenght, Agility, dan Intelligence dalam game yang diterbitkan R2 Games ini. Sedangkan pada MLBB hanya 38 hero dan 26 hero pada Mobile Arena.

Asyiknya, pengembang dari ketiga game gratis untuk Android dan iOS ini telah berjanji untuk terus menambah karakter baru agar permainan semakin seru. Jadi, sudah bisa Anda putuskan untuk memilih game MOBA yang mana?