Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Ini Dia Kelebihan dari Memiliki AC Portable di Rumah

www.ahyari.net – Indonesia memang terletak di belahan bumi bagian tengah yang mengakibatkan wilayahnya sering terkena sinar matahari dibandingkan negara lain. Hal ini juga yang menyebabkan iklim di Indonesia lebih sering memiliki suhu tinggi dibandingkan negara lain yang terkadang memiliki iklim dingin atau musim salju. Karenanya penjualan AC menjadi laris untuk mendinginkan ruangan baik di rumah, mall maupun gedung perkantoran. Sayangnya kebanyakan AC bersifat permanen setelah dipasang sehingga hanya di ruangan yang memiliki AC saja yang bisa merasakan dinginnya udara. Tetapi hal tersebut kini bisa ditanggulangi dengan munculnya AC portable yang bisa dipindahkan dengan mudah namun tetap bisa menghasilkan udara yang sejuk dan sehat.

ac portable terbaik

Seperti namanya, jenis AC ini bisa dipindah tempatkan dengan mudah karena tidak diletakkan secara permanen seperti pada AC dinding. Umumnya memiliki bentuk memanjang ke atas dengan roda di bagian bawahnya. Meski portable namun jenis AC ini juga memiliki kekuatan hembusan udara yang besar dan dapat diatur sesuai dengan suhu yang diinginkan. Dengan adanya roda di bagian bawah, Ac bisa dipindahkan dengan cara mendorongnya ke tempat yang diinginkan dan kemudian menghubungkan sakelar ke arus listrik.

Meski berbentuk portable, namun AC ini juga memerlukan koneksi ke udara luar sebagai sumber udara. Ada beberapa jenis yang sudah menyediakan selang dengan pengait ke jendela sebagai salah satu kelebihannya. Selang besar dan cukup panjang dipasang dibagian belakang AC dan dihubungkan ke udara luar melalui jendela atau lubang lain yang sesuai. Dengan begitu Anda akan mendapatkan suhu dingin dari udara segar tersebut.

Ada beberapa jenis AC jenis ini yang disesuaikan dengan kekuatan suhu yang dihasilkan maupun besar kecil AC tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Air cooler dengan tempat air atau es batu.
  • Standing AC dengan kekuatan besar.
  • Mini standing AC dengan konektor ke udara luar.
  • Mini fan dengan sumber daya dari USB port.

Dari beberapa jenis AC yang mudah dipindahkan tersebut, ada kisaran harga yang cukup besar sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki antara Rp. 150.000 hingga Rp. 15 jutaan.

Kelebihan memiliki AC Portable adalah tentu saja Anda bisa memindahkannya ke berbagai ruangan yang ingin memiliki suhu dingin. Selain ruangan di dalam rumah, AC ini juga bisa dibawa ke tempat lain misalnya ke acara resepsi atau kegiatan semi indoor untuk membuat suhu di ruangan tersebut lebih dingin dan sejuk. Sedangkan untuk kekurangannya adalah karena sering dipindahkan maka AC ini lebih rawan kerusakan dan kotor akibat banyaknya debu yang menempel terutama untuk standing AC yang banyak digunakan untuk acara-acara tertentu di ruangan semi indoor.