Inilah 3 Cara Efektif untuk Mencegah Hipertensi

www.ahyari.net – Mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi tentu menjadi tindakan yang tepat untuk dilakukan daripada sudah terlanjur mengidap penyakit tersebut. Hipertensi ini adalah salah satu jenis penyakit dengan resiko komplikasi sangat tinggi dan resiko kematiannya pun tidak kalah tinggi juga. Pasalnya ketika sudah positif menderita hipertensi maka seseorang berpotensi mengalami masalah dengan jantung, resiko mengalami serangan jantung menjadi tinggi. Faktanya penyakit mematikan ini tidak bisa sembuh 100% maka lebih baik melakukan tindakan preventif.

Mencegah Hipertensi Secara Efektif

Cara Efektif Mencegah Hipertensi

Proses penanganan untuk hipertensi ini sebenarnya dengan pengaturan gaya hidup terutama pada pola makan. Jika merasa menderita menjalaninya maka sebelum terlambat usahakan melakukan pencegahan, caranya antara lain:

  1. Rajin berolahraga,
    Hipertensi dimulai dari kondisi tubuh yang obesitas dan bisa pula karena faktor genetik, sehingga orang kurus juga berpotensi menderita penyakit ini. Usahakan untuk terbiasa berolahraga guna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Olahraga teratur bisa membantu menjaga tekanan darah di angka normal, sehingga hipertensi enggan untuk mendekat.
  2. Menjaga berat badan,
    Jika selama ini bermasalah dengan berat badan yang berlebih maka mencoba diet untuk sampai ke berat ideal adalah cara cerdas mencegah hipertensi. Hipertensi mayoritas dialami oleh mereka yang mengalami obesitas karena pembuluh darah tersumbat oleh tumpukan lemak. Resiko menjadi berkali-kali lipat lebih tinggi manakala keluarga juga punya riwayat dengan penyakit ini maupun jantung. Jadi, solusi terbaiknya adalah menjaga berat badan di angka normal agar peredaran darah lancar dan jantung sehat.
  3. Hindari stress sebaik mungkin,
    Stress bisa membuat jantung berdetak tidak menentu, bisa terlalu cepat atau malah sebaliknya dan berpengaruh pada aliran darah ke seluruh tubuh. Perlahan tekanan darah akan mengalami masalah dan berujung pada hipertensi serta penyakit jantung. Maka bagi Anda yang terlalu pemikir biasakan untuk bercerita minimal pada satu sahabat yang bisa dipercaya. Sehingga terhindar dari stress, dan usahakan untuk beristirahat dengan cukup supaya stress mudah diredam. Paham cara mengelola stress membantu menjauhi hipertensi.